Beraksi Dengan Kamera Pada Smartphone

Kalau 2 tahun lalu, Anda harus punya dua gadget yakni smartphone dan kamera secara terpisah, sekarang dengan buget yang lebih kecil Anda sudah bisa memiliki kamera pada smartphone dengan kapasitas yang mumpuni. Bahkan bisa mengalahkan kamera saku biasa.

beraksi dengan kamera pada smartphone

Itulah hebatnya teknologi. Kamera pada smartphone ini juga diiringi dengan sederetan aplikasi dan fitur pendukung yang akan membantu Anda memproduksi foto dengan hasil yang cukup dahsyat cetar membahana…

Asyiknya, dengan smartphone berkamera kapasitas besar macam ini, Anda cukup membawa satu uah gadget dan itu sudah mampu memenuhi banyak kebutuhan Anda. Cukup simple dan sangat cocok untuk aktivitas outdoor yang butuh kesimpelan dan kepraktisan.

Tapi meski kini kamera pada smartphone ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur selayaknya kamera saku bahkan prosumer, tapi bukan berarti lantas jaminan Anda bisa menciptakan karya foto hebat. Ada beberapa kiat yang perlu Anda terapkan ketika Anda beraksi dengan kamera pada smartphone, yakni.

  1. Kenali pengaturan dalam sistem kamera
    Setiap smartphone memiliki pengaturan, fitur dan aplikasi masing-masing untuk kameranya. Kenali dan pahami. Beberapa kamera memiliki white balance yang cukup memadai, sistem wide angle, sistem portrait, sistem set night, pengaturan cahaya hingga eksposure. Kenali setiap kelebihan dan kekurangan yang ada pada kamera Anda.
  2. Gunakan sebagai kamera
    Bila Anda memotret sebagaimana Anda menggunakan phonecell, maka umumnya Anda akan menggunakan satu tangan pada saat membidik dan shuttering. Padahal cara ini riskan getaran yang akan menganggu kualitas foto. Apalagi bila kamera Anda dilengkapi dengan pengaturan ISO, aperture dan kecepatan, meski tidak banyak kamera pada smartphone yang lengkap dengan semua fitur tersebut.
  3. Manfaatkan aplikasi dan fitur
    Gunakan white balance sistem yang tersedia untuk mengatur keseimbangan kontras, manfaatkan sistem wide atau portrait untuk mendapatkan foto yang yang sesuai kebutuhan Anda. Apapun aplikasi dan fitur2 ini adalah senjata Anda. Jangn berharap foto Anda akan maksimal bila Anda polos dan memotret.
  4. Manfaatkan fleksibiltas kamera
    kamera pada smartphone sudah pasti ringan, kecil dan mudah Anda gunakan sememnatar Anda dalam beragam posisi. Jadi manfaatkan kelebihan ini. Anda bisa mencari sudut pengambilan foto yang yang berbeda dan unik, yang tidak mudah dilakukan oleh mereka yang bersenjatakan kamera DSLR. Karena kamera DSLR berat dan besar, sudah tentu membatasi ruang gerak.
  5. Atasi keterbatasan
    beberapa kamera memang dilengkapi dengan sistem zoom, tapi saying tidak dengan kualitas baik. Ada pula kamera dengan kualitas flash seadanya. Tapi ini seharusnya bukan halangan bagi Anda menghasilkan foto yang bagus. Anda bisa menggunakan semua disekitar Anda seperti kaki Anda untuk lebih maju kedepan dari pada menggunakan zoom alakadarnya, atau menggunakan cahaya lampu atau matahari daripada harus memotret dalam internal flash yang buram.
  6. Periksa lensa
    ini yang terakhir, kamera pada smartphone sudah pasti keluar masuk saku Anda, tas pinggang Anda bahkan mungkin berkali-kali terusap jari Anda sendiri. Maka  tidak heran kalau lensa kotor terkena minyak, debu atau malah terkontaminasi sidik jari Anda sendiri. Jadi bersihkan lensa kamera pada smartphone secara berkala untuk memastikan lensa Anda masih dalam kondisi baik.

Leave a Reply