Belajar Mengenai Lensa Fish Eye

Lensa fish eye memang identik dengan konsep kamera lomo, tapi itu dulu pada masa kamera film konvensional. Karena sejak masuknya era kamera digital, lensa fish eye tidak lagi hanya ada pada kamera lomo tapi juga bisa Anda dapatkan pada kamera digital lain sebagai aksesoris dan fitur tambahan

belajar mengenai lensa fish eye.

Lensa fish eye pada awalnya hanya ditujukan untuk penggunaan ilmu pengetahuan. Penggunaan pertamanya pada tahun 1920 adalah untuk mempelajari pembentukan awan. Bentuknya yang cembung akan menghasilkan gambar ultra wide, sehingga mampu merekam bidang yang lebih luas dalam sebuah foto. Tapi dengan hasil gambar terdistorsi dan berakibat gambar akan sedikit cembung, mendekati bayangan yang nampak pada sendok.

Jenis lensa Fish Eye pertama yang muncul dipasaran adalah model circular fish eye. Model ini masuk pasar pada tahun 1960an. Lensa ini mampu merekam gambar dalam sudut 180o dalam bentuk lingkaran, sepenuhnya menduplikasi refleksi optikal mata ikan dalam air. Tapi dalam perkembangannya muncul pula model  full frame fish eye dengan bentuk hasil rekaman lensa persegi panjang pada tahun 1970an.

Pada kamera film konvensional type  35 mm, panjang fokus lensa fisheye khas adalah antara 8 mm dan 10 mm untuk lingkaran, dan 15-16 mm untuk full-frame. Sedang pada kamera digital menggunakan pencitra elektronik yang lebih kecil seperti 1/4″ dan 1/3″, panjang fokus “miniatur” lensa fisheye dapat sedekat 1 sampai 2mm.

Pada dasarnya lensa fish eye ini adalah sebuah lensa yang menggabungkan dua fungsi lensa yakni wide angle dan makro. Dengan memperluas cakupan bidang yang mampu tertangkap lensa maka Anda bisa mendapatkan gambar dari objek yang dekat tanpa harus menciptakan jarak. Ini adalah pendekatan dari lensa wide. Tapi pada sisi lain lensa ini akan menciptakan ekstra focus pada objek, dan ini berkaitan dengan fotografi makro.

Lensa Fish Eye ini cukup tinggi harganya dipasaran. Tapi bagi Anda yang berminat pada fotografi adventure dan juga pengetahuan, memang cukup layak mempertimbangkan membeli lensa ini. Harga lensa fish eye di pasaran mencapai kisaran Rp 5 – 10 juta. Tapi tidak sedikit pula kini kamera digital yang sudah menyediakan fitur fish eye dalam panel dan siap Anda gunakan.


Pernah menuliskan salah satunya?

kamera pocket dngn fitur fish eye (2), 

Leave a Reply