4 Tata Dasar Komposisi Fotografi Landscape

Komposisi fotografi landscape adalah sebuah poin penting dalam bidang fotografi ini. Mengabadikan pesona alam nan indah dihadapan mata, membutuhkan kejelian untuk mampu menangkap pesona secara tepat dalam sebuah bingkai foto.

4 tata dasar komposisi fotografi landscape

Meski stick to the rules bukan sebuah keharusan, tapi dalam membuat fotografi landscape, Anda perlu memahami tata dasar komposisi fotografi. Komposisi yang tepat dapat memberi penekanan yang tepat pada image dan memberikan suntikan rasa pada foto landscape.

Berikut adalah 4 tata dasar dari komposisi fotografi landscape

  1. Komposisi garis diagonal
    Garis diagonal imaginer bisa Anda ciptakan untuk menemukan sebuah bentukan alam yang berbentuk garis diagonal. Menangkap bentukan ini secara proporsional dalam foto akan menciptakan keseimbangan sekaligus ekspos yang memikat.
  2. Komposisi bentuk geometris
    Lain lagi pada bentukan geometris imaginer, Anda di sini mencari sebuah bentuk geometris yang muncul pada landscape dan menampilkannya secara proporsional pada foto. Foto dengan komposisi ini akan terlihat simetris dan seimbang. Pada umumnya bentuk geometris yang muncul adalah segitiga, trapesium, kotak, lingkaran dan sebagainya.
  3. Komposisi Rule of third
    Komposisi ini menggunakan pembagian 3 bagian secara imaginer foto secara horisontal dan vertikal. Anda meletakan objek utama justru pada sisi garis ke tiga agar terkesan lebih natural. Ketidak seimbanganlah yang membuatnya lebih bermakna.
  4. Komposisi framing image
    Pada komposisi ini, Anda menggunakan bentukan alam untuk membingkai objek pada foto. Bisa rumpun semak, pepohonan dan masih banyak lagi. Kesan eksotis sekaligus seimbang ini menciptakan foto yang menarik.

Itu tadi 4 tata dasar dalam komposisi fotografi landscape. Semoga menjadi manfaat untuk Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

dasar dasar tata fotografi dan tata cara (2), komposisi landscape (1), landscape komposisi (1), 

Leave a Reply