3 Cara Terbaik Dalam Mengontrol Auto Fokus

Kadang kala fitur auto fokus justru terasa mengganggu performa optimal kamera ketimbang membantu mengoptimalkan kamera. Karena alih-alih membantu Anda mengunci fokus pada objek yang tepat, justru tiba-tiba kamera Anda mengunci fokus pada titik objek yang sama sekali bukan target Anda. Mengontrol auto fokus untuk bisa bekerja sama bukan perkara sederhana.

3 cara terbaik dalam mengontrol auto fokus

Boleh saja Anda menganggap fitur auto fokus itu tidak ada dan Anda abaikan. Kemudian Anda lebih banyak memanfaatkan sistem manually focus. Tapi percuma saja kan Anda membeli kamera mahal-mahal yang didalamnya terdapat fitur auto fokus tapi kemudian tidak Anda manfaatkan.

Jadi dari pada Anda mengabaikan kehadiran auto fokus di kamera Anda, kenapa Anda tidak mencoba mencari solusi untuk mengontrol auto fokus untuk lebih baik dan optimal. Berikut ini adalah 3 cara yang bisa Anda praktekan.

  1. Tekan Shutter setengah untuk mengaktifkan auto fokus kemudian atur ulang
    Set auto fokus kamera Anda pada center spot. Lalu arahkan spot ini pada titik fokus yang Anda targetkan. Kemudian tekan shutter button kamera, cukup setengah saja dulu, untuk mengaktifkan auto fokus. Arahkan ulang auto fokus Anda dan lanjutkan shutter.
  2. Pindah ke manually focus setelah melakukan set auto fokus
    Lakukan set auto fokus sebagaimana biasa Anda lakukan, pastikan Anda sudah mendapatkan spot target yang tepat. Setelah itu segera matikan auto fokus dan aktivasi manual fokus. Lensa kamera otomatis akan mempertahankan fokus terakhir pada cara ini. Satu hal yang perlu Anda ingat pada cara ini sebaiknya Anda menggunakan tripod, karena pada proses pemindahan Anda bisa saja menimbulkan guncangan yang akan menubah fokus.
  3. Gunakan Back Button Auto fokus
    Normalnya auto fokus bekerja ketika shutter Anda tekan. Tapi disini, Anda menekan tombol pada sisi belakang kamera yang akan memberi Anda kesempatan mengontrol auto fokus secara optimal ketika sedang bekerja. Anda bisa mengeset auto fokus pada center pot, kemudian arahkan pada target Anda dan back button ini akan membantu Anda menguncinya sebelum auto fokus memilih dari sisi kekontrasan. Jadi Auto fokus bekerja atas perintah Anda.

Secara sekilas memang 3 cara mengontrol auto fokus ini rumit dan membingungkan. Untuk lebih jelasnya memang sebaiknya Anda mempraktekannya dengan kamera Anda dan mencoba beberapa kali hingga berhasil. Kami menunggu cerita keberhasilan Anda disini.


Pernah menuliskan salah satunya?

3 cara terbaik dalam (1), 

Leave a Reply