10 Tips Dalam Memotret Cahaya Lilin Tahap Kedua

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah  membahas mengenai 5 bagian pertama dari 10 tips dalam memotret cahaya lilin. Pada kesempatan ini saya akan membagi kembali 5 bagian kedua dari 10 tips tersebut. Semoga bermanfaat.

10 tips dalam memotret cahaya lilin tahap kedua

  1. Set Komposisi
    Sebagaimana sudah saya bahas pada poin ISO dan Aperture, Anda memiliki 2 pilihan komposisi foto. Lilin sebagai fokus utama atau lilin sebagai atmosfir. Anda tetap mempertahankan efek hangat dari lilin, tapi bila fokus utama Anda adalah lilin, maka secara keseluruhan Anda membiarkan bagian lain blur atau justru gelap. Sedang pada pilihan kedua Anda bisa menggunakan beberapa cara tambahan untuk meningkatkan atmosfir dan mensiasati keterbatasan cahaya.
  2. Multiple lilin
    Ini adalah salah satu solusi untuk pilihan komposisi keduan. Di sini Anda meletakan lilin lebih dari satu bisa pada satu spot saja, atau dengan posisi menyebar. Cara ini selain memberi Anda cahaya yang lebih besar, juga memberi Anda suasana hangat yang lebih kuat untuk direkam kamera Anda.
  3. Gunakan reflektor natural
    Kadang kala penggunaan sebuah bidang putih di dekat posisi objek akan membantu Anda merefleksikan cahaya lilin secara lebih halus sekaligus jatuh lebih baik pada siluet objek. Pasalnya penggunaan cahaya lilin yang cenderung terus bergerak akan membuat Anda kesulitan menemukan titik jatuh cahaya secara tepat.
  4. Background
    Lagi, Anda akan bicara soal komposisi. Cahaya lilin akan sangat baik terefleksi oleh bidang putih, bila Anda ingin menciptakan atmosfir yang kuat dari cahaya lilin, maka gunakan background putih dan efek hangat akan terpancar kuat pada objek Anda. Tapi bila fokus Anda adalah cahaya lilin itu sendiri, maka background hitam justru akan menguatkan pancaran cahaya ini. Penggunaak objek yang mampu melebihkan efek juga bisa menjadi pilihan seperti sebuah gelas, wajah seseorang atau sesuatu berbahan logam kuning.
  5. Gunakan tripod
    Kondisi rendah cahaya, dengan shutter speed rendah menuntut Anda untuk menggunakan tripod. Pasalnya sudah bukan hal asing lagi pada kecepatan rendah kamera akan sangat rentan dengan getaran. Memotret cahaya lilin Anda bisa gagal hanya oleh sebuah getaran kecil.

Pernah menuliskan salah satunya?

tahap memotret (1), 

Leave a Reply