10 Alasan Untuk Mematikan Fungsi Auto Focus ( edisi 2 )

Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai bagian pertama dari 10 alasan untuk mematikan fungsi auto focus dari kamera Anda. Berikut ini adalah bagian kedua dari 10 alasan untuk mematikan fungsi auto focus tersebut.

  1. Foto dari Balik Kaca
    Anda hendak memotret ikan dalam aquarium, atau mengabadikan pesona langit dari kaca pesawat. Matikan auto focus Anda karena fitur ini akan mengambil fokus pada kaca atau setitik noda pada kaca dan bukan pada objek Anda.
  2. Foto Portrait
    Satu kunci utama foto portrait adalah letakan fokus pada mata, untuk mendapatkan semua rasa dari objek. Tapi Auto focus secara otomatis akan mengambil bagian yang paling kontras dan menonjol, hidung.
  3. Foto Makro
    Bila Anda bermain dengan foto makro dengan jarak demikian dekat dan objek demikian detail. Maka jangan pernah mencoba menggunakan Auto focus Anda. Disini hanya mata Anda satu-satunya senjata yang mampu menemukan fokus yang tepat.
  4. Foto Third Party
    Memotret seorang gadis kecil ditengah lautan bunga mungkin biasa. Tapi bila Anda ingin ada dua hal yang akan Anda tekankan, lautan bunga dan si gadis kecil. Maka Auto focus tidak akan mampu menyampaikan pesan Anda. Karena sudah pasti fokus akan tertuju pada bunga yang kontras dan gadis kecil Anda akan tenggelam.  Konsep yang sama juga bisa Anda lihat pada foto berikut. Bila Anda aktifkan Auto focus maka secara otomatis kamera akan fokus pada tengah foto, karena secara keseluruhan perahu tidak cukup kontras dan terlalu kecil porsinya dalam foto ini.
    10 alasan untuk mematikan fungsi auto focus (2)
  5. HDR Fotografi
    HDR Fotografi adalah konsep edit penggabungan atas beberapa foto identik dengan sedikit perbedaan pada  eksposure. Masalahnya bila Anda aktifkan Auto focus di sini, maka secara otomatis perubahan ekspos akan merubah pula auto focus, yang artinya semua foto Anda berbeda secara total. Maka proyek HDR foto Anda juga gagal.

Jadi Anda tetap harus belajar manually focus kan? Tidak selamanya Auto Focus bisa menemani Anda berburu foto. Karena terkadang Anda harus mematikan fungsi Auto focus.

Leave a Reply