10 Alasan Untuk Mematikan Fungsi Auto Focus ( edisi 1 )

Bila beberapa tahun lalu Auto focus seolah masih menjadi semacam science fiction, maka kini Auto focus adalah sebuah fitur yang wajib ada pada setiap kamera digital. Kehadiran auto focus memang benar-benar membantu Anda dalam berburu foto. Karena berkat fitur ini Anda tidak lagi harus melulu bersusah payah dengan urusan fokus objek pada saat melakukan pemotretan.

10 alasan untuk mematikan fungsi auto focus

Tapi ternyata tidak selamanya fitur Auto focus ini benar-benar membantu pekerjaan Anda. Pada kesempatan tertentu, justru auto focus mengganggu performa kamera Anda. Pada saat tertentu, justru  AF ini akan memilih fokus yang tidak tepat dan sama sekali bukan tujuan Anda. Malah kadang gara-gara ulah Auto focus Anda kesulitan menekan Shutter. Karenanya terkadang mematikan fungsi Auto focus bisa menjadi ide yang baik

Jadi pada situasi apa sebaiknya Anda mematikan fungsi auto focus?

  1. Pada saat minim cahaya
    Auto focus bekerja berdasar tingkat kontras dan pada cahaya redup kekontrasan akan menurun. Jadi Auto focus tidak mampu menemukan fokus yang Anda cari.
  2. Ketika kontras rendah
    Anda sedang melakukan pemotretan pada objek dengan warna senada dengan back groundnya, maka auto focus Anda bisa jadi tidak mampu menemukan objek yang Anda tuju. Di sini Anda hanya bisa menemukan focus secara manual dengan menekan setengah shutter dan mencari secara manual.
  3. Berburu foto binatang
    Memotret binatang jinak dengan binatang liar  jelas berbeda, makanya disini saya katakana berburu. Pada umumnya binatang liar menganggap manusia dan segala tetek bengeknya adalah gangguan, jadi suara auto focus meski kecil bisa membuat mereka kabur dengan 1 detik.
  4. Foto jarak jauh
    Bila Anda sedang foto landscape gunung, kembang api atau bulan sudah pasti posisi Anda berada dari objek. Auto focus tidak mampu menangkap posisi objek yang demikian jauh, jauh ubahlah menjadi infinity.
  5. Foto Fast action
    Anda sedang memotret aksi balap formula yang sudah pasti akan menginjak kecepatan maksimal. Auto focus Anda tidak akan mampu mengejar kecepatan ini, meski Anda sudah set pada shutter cepat.

Karena masih ada 5 lagi…maka 5 kondisi lain yang mengharuskan Anda mematikan fungsi Auto focus pada kamera kita lannjutkan pada artikel berikutnya.


Pernah menuliskan salah satunya?

fungsi focus release (1), pengertian autofocus (1), 

Leave a Reply