Tips Menghasilkan Foto Siluet Yang Cantik

tips menghasilkan foto siluet yang cantikFoto siluet sejak lama menjadi salah satu legenda dalam fotografi. Bagaimana tidak hasil karya foto siluet selalu menarik untuk dinikmati sekaligus menjadi bentuk karya fotografi yang paling dikenal. Pertanyaannya bagi pemula adala bagaimana cara untuk menghasilkan foto siluet yang bisa memberi gambar sempurna.

Karena meski hasilnya cukup sederhana, hanya sebentuk gelap dengan ekspos outline pada back ground terang. Tapi terus terang pembuatannya tidak lantas sesederhana itu. Tapi kalau Anda berhasil, Anda bisa menciptakan keindahan sekaligus sisi misterius pada sebuah foto siluet dengan apik.

Lalu bagaimana cara menghasilkan foto siluet?

  1. Tata letak objek
    Sebagaimana hasil foto siluet, dimana Anda mengambil objek dalam sisi gelap pada background terang. Maka Anda memang harus meletakan sebuah objek pada sebuah background terang. Pastikan sumber cahaya hanya berasal dari sisi background. Pastikan pula cahaya terang ini tertutupi oleh objek dengan baik untuk mendapatkan sisi gelap yang pas. Pilihlah objek dengan outline jelas seperti sisi samping wajah, bentukan daun atau ukiran satu sisi.
  2. Tata letak cahaya
    Seperti tadi dikatakan, sumber cahaya harus berasal dari sisi background dan itu adalah satu-satunya sumber cahaya. Pastikan Anda tidak mengaktifkan flash. Anda juga perlu memastikan tingkat cahaya dari sumber, karena cahaya yang terlalu terang akan membuat foto siluet Anda gagal karena cahaya menerpa objek. Namun cahaya yang terlalu redup akan membuat background terlalu abu-abu dan buram. Pada beberapa foto siluet Anda juga bisa memanfaatkan cahaya yang menerpa sebagian dari objek karena akan member efek 3D
  3. Ekspose terkunci pada background
    Langkah berikutnya adalah mengarahkan metering kamera ada sisi terang dan menekan tombol shutter setengah jalan (dan jangan dilepas). Efeknya kamera akan membaca sisi terang sebagai mid tone dan sisi gelap sebagai bayangan. Jaga jarak Anda dengan sumber cahaya karena bila terlalu dekat hasilnya belum tentu optimal.
  4. Tajamkan fokus pada objek
    letakan fokus pada objek dan bukan background. Ini akan menghasilkan gambar yang tajam dan tidak buram. Dekatkan kamera dengan objek untuk mendapatkan detail dalam gelap yang sempurna
  5. Minimkan penerimaan cahaya
    Anda bisa menggunakan pengaturan aperture sempit untuk dapat mendapatkan keseluruhan view pada fokus objek. Ada baiknya Anda menggunakan lens hood untuk mencegah lens flare masuk dalam frame.

Pernah menuliskan salah satunya?

cara membuat siluet yang cantik (1), foto siluet (1), gambar ikan lele siluet (1), gambar siluet (1), siluet cantik (1), tips usaha siluet (1), usaha siluet foto (1), 

Leave a Reply