Tips Membuat Foto Yang Tajam

Ketika Anda melihat hasil foto dari para profesional, Anda akan melihat bagaimana tajamnya hasil jepretan kamera mereka. Bahkan Anda bisa melihat detil dengan jelas meski itu hanya setitik tahi lalat atau helaian bulu mata.

tips membuat foto yang tajam

Meski sekarang sudah bermunculan berbagai software yang mampu mengedit gambar supaya lebih tajam, tak lantas Anda akan puas dengan hasil editan software. Sebagai fotografer tentu sebuah kepuasan bisa menghasilkan foto dengan minim editan.

Lalu bagaimana cara membuat foto yang tajam? Berikut adalah tips dalam membuat foto yang tajam.

  1. Jagalah kestabilan tangan Anda dalam menggenggam kamera. Anda perlu mengenai kamera Anda dan cari posisi nyaman dan kokoh. Kalau Anda bisa menjaga kamera stabil di tangan Anda, tanpa getaran dan goyangan berarti Anda bisa menghasilkan foto yang tajam.  Anda juga bisa menggunakan tripod untuk mengurangi getaran kamera di genggaman.
  2. Jaga kestabilan tangan Anda ketika Anda menekan shutter. Anda bisa gunakan shutterspeed. Semakin cepat hasil foto akan semakin tajam. Gunakan shutterspeed yang lebih cepat dari panjang fokal lensa Anda. Tapi sebaiknya Anda tetap meminimalisir guncangan pada saat Anda menekan shutter.
  3. Gunakan aperture yang besar ( angka aperture kecil ) akan membuat fokus pada area yang lebih sempit dan membuat ketajaman gambar lebih kuat.
  4. Optimalkan rate ISO sesuai dengan kebutuhan venue. Melakukan pemotretan di dalam ruang atau di area gelap atau malam hari Anda bisa memperbesar ISO hingga lensa mampu menangkap cahaya lebih besar . Tapi kalau Anda memperbesar ISO berlebihan foto Anda akan terlalu banyak noise atau spot hitam.
  5. Yang terakhir adalah pastikan Anda menggunakan fokus dengan optimal. Peletakan titik fokus yang tepat akan memberi hasil yang optimal. Peletakan titik fokus bisa merubah efek komposisi secara keseluruhan.

Semoga beberapa tips sederhana dalam membuat foto yang tajam ini bisa memberi Anda referensi ketika Anda hunting akhir minggu ini.

Leave a Reply