Tips Memakai Flash Kamera Bagi Pemula

tips memakai flash kamera bagi pemulaSalah satu senjata (baca : aksesoris) yang cukup wajib Anda miliki sebagai fotografer adalah flash kamera. Meski pada umumnya kamera model sekarang sudah termasuk flash built in, tapi bagi fotografer memakai flash eksternal tetap krusial Anda miliki.

Apalagi penggunaan flash built ini kerap kali memunculkan efek mata merah pada foto dan juga over contrast. Penggunaan flash eksternal mampu memberi efek reduksi pada permasalahan ini, Apalagi dengan flash eksternal, Anda bisa mencari sudut pencahayaan sesuai kebutuhan pemotretan. Flash built in yang terpasang di kamera tentu tidak bisa melakukannya.

Tapi dalam memakai flash kamera terutama eksternal, juga perlu menggunakan teknik-teknik khusus. Berikut beberapa tips dalam memakai flash kamera.

  1. Hindari posisi dekat dengan pemantul cahaya
    ketika Anda melakukan pemotretan dekat dengan benda glossy seperti lantai porselen, cermin, kaca atau dinding cat glossy bisa jadi cahaya dari flash akan dipantulkan oleh permukaan ini. Hasilnya akan muncul cahaya bias pada foto dan memburamkan gambar, bahkan gambar juga bisa rusak total.
  2. Maksimalkan eksternal flash daripada built in flash
    Seperti tadi dikatakan sebelumnya, built in flash membuat Anda terbatas dalam memposisikan sumber cahaya tambahan. Sedang flash eksternal memberi Anda keleluasaan dalam memilih posisi peletakan cahaya sehingga dapat memberi efek cahaya yang Anda butuhkan.
  3. Pencahayaan yang rata
    meski Anda bermaksud memberi fokus cahaya pada salah satu objek, tapi Anda tetap perlu memperhatikan pencahayaan pada back ground dari objek. Karena pencahayaan yang tidak rata dapat menciptakan contrast berlebihan. Tapi cahaya yang rata disini bisa bersifat relative sesuai kebutuhan pemotretan.
  4. Batasi cahaya berlebihan
    Pada beberapa kasus, Anda membutuhkan cahaya yang lebih lembut dan tidak terlalu bright. Anda bisa gunakan kertas putih yang Anda letakan di permukaan flash untuk menghalangi cahaya dari flash. Anda bisa memodifikasi hal ini untuk mendapatkan efek khusus pada foto
  5. Berlatih dan berlatih
    Jangan pernah bosan berlatih. Setiap kamera dan perangkatnya sudah pasti memiliki karakter masing-masing. Dengan semakin seringnya Anda memakai peralatan Anda, Anda akan semakin terbiasa dan mudah mengunakan peralatan tadi dengan optimal.

Itu tadi 5 tips dalam memakai flash kamera dengan optimal. Selamat mencoba…


Pernah menuliskan salah satunya?

cara pakai flash kamera (1), flash kamera tips (1), memilih flash kamera (1), 

Leave a Reply