Tips Melakukan Pemotretan Candid

Salah satu kegiatan pemotretan yang selalu menarik untuk dilakukan para fotografer adalah pemotretan candid. Pasalnya dari pemotretan candid Anda bisa mendapatkan foto dengan gambaran manusia yang sangat personal dengan mimik dan gesture yang kadang sangat luar biasa.

tips melakukan pemotretan candid

Yang menjadi masalah adalah kenyataannya tidak mudah untuk mendapatkan foto candid. Pasalnya rata-rata orang akan merasa risih bila menyadari dirinya difoto oleh seorang yang tidak dikenal. Bahkan tidak jarang objek justru akan marah ketika sadar sedang menjadi objek foto tanpa izin.

Padahal kalau Anda meminta izin terlebih dulu, seringkali objek justru akan memberi mimik dan gesture yang kurang alami sehingga tidak dapat menghasilkan foto yang sesuai harapan. Lalu bagaimana sebenarnya trik dan tips dalam melakukan pemotretan candid?

  1. Gunakan kamera ukuran kecil
    Memotret candid dengan kamera DSLR segede bagong membuat objek merasa terintimidasi. Mereka merasa seolah sedang diserang paparazzi. Jadi sebaikny gunakan kamera saku dengan kemampuan kelas tinggi semacam prosumer, super zoom atau bisa juga kamera mirrorless mini. Kamera ini menekan efek intimidasi dan kadang kala Anda bisa menyamarkan pemotretan.
  2. Berkenalan dulu
    Membuat objek merasa nyaman dengan Anda terlebih dulu bisa sedikit mengurangi kecanggungan. Kenalkan diri Anda dan jelaskan tujuan pemotretan candid yang Anda lakukan. Ciptakan perbincangan hangat dan santai sembari Anda memotret objek. Meski secara tidak langsung objek akan sadar sedang difoto, tapi Anda membuat objek merasa relax.
  3. Jangan tembak langsung
    Kalau tiba-tiba saja sebuah kamera terpampang di depan wajah Anda dan siap membidik tanpa ijin. Rasanya semua orang akan kaget dan langsung canggung. Jadi lakukan secara halus. Kalau perlu Anda tidak harus melihat pada view finder dan membidiknya langsung.  Buat seolah-olah Anda sedang tidak memotret.
  4. Aktifkan sistem zoom
    Cara ini ternyata juga cukup efektif. Jadi Anda mengincar target dari jarak aman. Anggap saja objek Anda seekor kupu-kupu yang bila Anda dekati justru akan terbang dan menghilang. Jadi incar dari jarak jauh, gunakan zoom atau malah lensa tele. Cara ini bisa memberi Anda kesempatan mendapatkan foto dengan momentum yang tepat.
  5. Bidik random
    Ini justru cara yang berkebalikan dari cara ke empat. Jadi lakukan bidikan berantai untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya gambar dari objek. Dari sekian foto yang Anda ambil secara cepat biasanya 2 -3 gambar akan memuaskan. Lakukan seolah Anda memotret secara acak sehingga objek tidak sadar sedang menjadi incaran pemotretan candid yang Anda lakukan.

Bagaimana cukup mudah kan tips pemotretan candid ini?

Leave a Reply