Tips Fotografi Bawah Air Ala Chris Crumley

tips fotografi bawah air ala chris crumleySaya masih ingin berbagi banyak informasi seputar dunia fotografi bawah air dan kali ini mengenai tips sukses menghasilkan gambar optimal dalam fotografi bawah air. Seperti dalam artikel sebelumnya saya katakan, ada beberapa situasi spesifik dalam air yang memberi Anda kesulitan tersendiri dalam membuat foto dalam air. Karenanya Anda perlu memiliki tips-tips khusus demi mendapatkan hasil  foto yang memuaskan.

Mengenai tips tersebut, saya rasa mengutip hasil wawancara seorang pakar fotografi bawah air kelas kakap bisa jadi pilihan tepat untuk Anda jadikan rujukan. Seperti Chris Crumley, seorang pelaku fotografi bawah air yang sudah melanglang buana di bawah air selama bertahun-tahun.

Kali ini saya akan mengutip tips fotografi bawah air dengan model sebagai objek, berikut tips yang saya kutip :

  1. Objek pada kondisi dalam air cenderung buram dan kurang tajam, Jadi seorang model harus mampu menunjukan gerakan dan ekspresi yang lebih tegas dan besar untuk mendapat hasil foto yang cukup menggambarkan objek dengan baik. Meski bantuan Wide Shot Lens akan sangat membantu, tapi detil yang cukup jelas akan memberi efek besar pada ketajaman gambar.
  2. Bergerak dalam air bukan perkara mudah dan efek dari sebuah gerakan akan berbeda disbanding di atas air. Seorang model harus memiliki kesadaran akan gesture yang lebih sempurna. Sedikit kibasan bisa memberi kesan eksotis atau malah kesan berantakan. Dan tidak mudah membedakan gerakan mana yang berakibat eksotisme dan mana yang justru membawa kekacauan.
  3. Model dan fotografer perlu membuat komunikasi secara lancar diatas air dan menciptakan kesepemahaman mengenai bahasa dalam air. Karena mustahil berbicara dalam air, jadi sebaiknya fotografer dan model saling memahami bahasa isyarat yang mereka gunakan.
  4. Buoyancy adalah hal paling penting dikuasai oleh pelaku fotografi bawah air, baik itu model atau fotografer. Tanpa kestabilan, model tidak bisa mendapatkan pose yang tepat dan tanpa kestabilan fotografer juga mustahil mendapatkan angle yang tepat.
  5. Perhatikan jatuhnya cahaya alami dan keperluan akan cahaya tambahan dalam pose yang akan Anda ekspos. Salah-salah Anda akan menciptakan foto  dengan overlight, penuh backscatter atau malah gelap.

Leave a Reply