Teknik Membuat Foto Panning

Apa itu foto panning? Bagi Anda yang pemula namanya saja mungkin asing sama sekali. Tapi yakin Anda pasti pernah melihat foto panning ini. Karena foto panning bukan produk baru dari dunia fotografi, hanya saja semakin berkembang seiring semakin majunya teknologi kamera dewasa ini.

teknik membuat foto panning

Foto panning adalah foto dari sebuah objek bergerak dengan latar belakang blur. Sederhananya Anda sebagai fotografer akan memotret sembari mengikuti arah gerakan objek kemudian Anda juga perlu mengeset blur background.

Yang perlu Anda catat dalam membuat foto panning adalah kesabaran, dan control manual yang tepat. Dan untuk membuat foto panning yang menarik berikut adalah beberapa teknik dasarnya.

  1. Hindari penggunaan tripod
    Disini kamera akan bergerak mengikuti gerak objek. Jadi tripod justru akan membuat gerakan menjadi kaku dan tidak fleksibel. Anda bisa beralih dengan monopod sekedar untuk membantu Anda menyangga kamera yang berat dan besar. Ini juga baik untuk meredam getar dan gerak.
  2. Set kamera lambat
    Set shutter speed pada 1/30 atau 1/8 untuk menurunkan rana. Karena semakin tinggi shutterspeed, maka detail dari back ground akan semakin jelas. Disini Anda mengharapkan hasil background yang blur.
  3. Set ISO rendah
    ISO yang rendah juga membantu menurunkan rana. Serta mengurangi daya tangkap kamera akan detil.
  4. Atur set bergerak
    Atur AF mode ke AF-C untuk Nikon atau AI-servo untuk Canon, mode ini cocok untuk fungsi mengikuti sebuah subyek foto yang terus berpindah posisi.
  5. Pilih Objek kontras
    Pada saat memilih objek, sebaiknya cari objek bergerak dengan warna yang cerah dan kontras. Terutama kontras terhadap backgroundnya. Pilihlah juga objek dengan detil jelas, bukan detil yang rumit dan kecil, karena bisa jadi tidak terlihat jelas pada hasil foto nantinya.
  6. Tekan separuh tombol release
    Pada saat Anda membidik objek, Anda perlu menekan separuh tombol release untuk mendapatkan fokus yang tepat sembari Anda mengikuti gerakan objek.
  7. Cari momentum
    Ketika objek sudah dalam bidikan, hanya ada dua hal yang perlu Anda camkan. Pertama adalah sabar dan kedua adalah peka. Temukan momentum yang tepat, jangan buru-buru dan jangan lengah.

Anda boleh coba membuat foto panning Anda sendiri. Yang jelas ini adalah teknik yang membutuhkan latihan. Jadi Anda perlu tekun dan sabar, selamat berlatih.

Leave a Reply