Teknik Fotografi; Force Perspective

Pernah mendengar teknik fotografi force perspective? Mungkin beberapa dari Anda cukup asing atau justru sangat familier.  Yang jelas teknik foografi satu ini sama sekali tidak membutuhkan teknik rumit dan beragam rekayasa. Cukup bermain kreatifitas dan mungkin sedikit imajinasi.

teknik fotografi force perspective

Menjelaskan teknik fotografi force perspective mungkin sedikit rumit bila tanpa contoh hasil foto. Karenanya saya sertakan beberapa contoh dari hasil pemotretan dengan teknik force perspective. Secara mendasar teknik ini mengenai permainan antara sudut perspektif objek satu dengan yang lain.

Suatu objek yang Anda letakan lebih dekat dengan kamera sudah tentu akan terlihat besar dan objek yang terletak lebih jauh dari kamera bisa terlihat lebih kecil secara 2 dimensi. Sekalipun ukuran asli dari kedua objek ini justru terbalik. Inilah force Perspective.

Dari perbedaan perspektif inilah kemudian seorang fotografer dengan sejuta imajinasinya akan berkreasi menghasilkan foto yang unik. Sebenarnya teknik ini bukan sekedar sekedar teknik fotografi, tapi memang teknik dari segala industri optikal.

Anda bisa melihat teknik yang sama pada pembuatan film Lord Of The Ring dan Harry Potter. Posisi berdiri Harry Potter dan kawan-kawan sengaja diletakan lebih jauh dari kamera dibanding posisi berdiri Hagrid yang dikisahkan tokoh semi  raksasa. Hasilnya, di mata penonton tokoh Hagrid terlihat berukuran raksasa.  Cara ini pula yang digunakan untuk mencitrakan Hobbits sebagai tokoh kerdil.

Bagaimana? Anda tertarik? Ada jutaan ide yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan foto dengan teknik fotografi ini bahkan 100 % tanpa penggunaan fotoshop dan beragam teknik sulit lain. Anda bisa menemukan ide-ide ajaib dari banyak hal di sekitar Anda. Anda juga bisa menggabungkan beragam teknikal kamera dengan cara ini dan enghasilkan foto yang lebih unik lagi.

Jadi bersiaplah bereksperimen dan hasilkan semua imajinasi Anda dalam rangkaian foto unik dengan teknik fotografi force perspective.


Pernah menuliskan salah satunya?

efek nikon l320 (1), hagrid terlihat jadi raksasa trik (1), teknik forced perspektif dslr (1), 

Leave a Reply