Siapa Bilang Tidak Bisa Jadi Fotografer Handal Dengan Kamera Saku

Kalau Anda termasuk yang beranggapan untuk menjadi fotografer handal Anda harus bermodalkan sebuah kamera DSLR, maka sebaiknya Anda coba baca dulu informasi ini.

siapa bilang tidak bisa jadi fotografer handal dengan kamera saku

siapa bilang tidak bisa jadi fotografer handal dengan kamera saku

Karena sebenarnya Anda tetap bisa kok menghasilkan foto yang tidak kalah berkualitasnya hanya dengan kamera saku. Pernah dengar kata-kata “its not about the camera, but who’s behind the camera”? Artinya tidak mutlak bagi Anda untuk memakai kamera dengan fitur terbaik, karena untuk menjadi fotografer handal justru terletak pada diri Anda sendiri.

Ya…selama Anda tau bagaimana cara paling efektif dalam memanfaatkan keunggulan dari kamera saku, Anda tetap bisa menjadi fotografer handal dengan hanya kamera saku ditangan. Anda bisa lihat karya Wouter Brandsma, Simon Johnson dan Chase Jarvis untuk membuktikan kata-kata saya.

Lalu apa saja keunggulan dari kamera saku yang bisa Anda manfaatkan?

  1. Ukuran kecil
    Karena kamera saku biasanya berbentuk kecil dan kompak, Anda tidak perlu repo membawa tas lengkap dengan aksesoris yang ribet. Kamera saku bisa Anda simpan dalam tas pinggang Anda, dan bisa lebih fleksibel Anda keluar masukan kapanpun Anda butuhkan. Karena ukurannya yang kecil juga tidak memberi efek seperti akan menyerang orang, karena seringkali orang justru merasa terusik ketika sebuah kamera DSLR besar sedang membidiknya.
  2. Sensor lebih kecil
    Dengan sensor kecil biasanya hasil gambar jadi lebih tajam karena DOF yang otomatis menjadi lebih besar
  3. Life View
    Saat ini semua kamera saku yang keluar di pasar sudah memiliki life view. Padahal kamera DSLR masih dibandrol dengan harga tinggi hanya karena memiliki life view. Dengan life view Anda bisa mengatur angle dan posisi pengambilan gambar yang sesuai dengan jauh lebih mudah.
  4. Fitur modern
    Belakangan ini perkembangan teknologi dari kamera saku juga sudah jauh lebih baik. Anda bisa membuat pengaturan manual meski secara terbatas. Berkat keleluasaan ini Anda masih bisa melakukan sedikit penyesuaian setting kamera sesuai kebutuhan Anda dan menyempurnakan hasil foto Anda.

Jadi jangan menyerah untuk menjadi fotografer handal meski hanya ada kamera saku ditangan Anda. Soalnya bukan kameranya yang penting, tapi siapa dibelakang kamera…

sumber gambar ” travelkota

Leave a Reply