Sejarah dan Perkembangan Internet

Internet pertama kalinya dikenalkan oleh Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1960-an melalui Advanced Reseach Project Agency (ARPA) merintis suatu system jaringan ARPANET yang kemudian menjadi cikal bakal internet. Dan berikut ini beberapa peristiwa penting perkembangan internet :

1)   Pada tahun 1980-an internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa Universitas terkemuka di Amerika.

2)   Pada tahun 1982 protocol standard TCP/IP mulai diperkenalkan.

3)   Pada tahun 1984 sistem nama domain mulai digunakan.

4)   Pada tahun 1986 dibangun Science Foundation Network (NSNET) yang menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika, kemudian beberapa jaringan internasional di beberapa negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSNET.  ARPANET dibubarkan pada tahun 1990.

5)   Pada awalnya informasi yang didapat dari internet hanya informasi berbasis teks kemudian pada tahun 1990 CERN mengembangkan layanan berbasis World Wide Web (WWW).

6)   Pada tahun 1993 InteNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.

7)   Mulai tahun 1994 internet mulai digunakan di Indonesia.

Banyak hal yang didapat dari internet. Anda dapat memperoleh informasi mengenai suatu data dengan cepat dan mudah melalui internet. Adapun hal-hal umum yang dapat dilakukan dalam internet adalah sebagai berikut :

a)   Browsing atau Surfing

Browsing atau surfing adalah kegiatan berselancar di internet. Kegiatan ini dinilai paling menyenangkan karena anda dapat menjelajah dunia maya untuk mencari informasi yang seluas-luasnya.

b)   Searching

Adalah kegiatan mencari data atau informasi tertentu dari internet.

c)   E-mail

E-mail adalah kegiatan saling berkirim surat elektronik melalui internet

d)   Mailing List

Mailing list adalah kegiatan saling bertukar informasi melalui surat elektronik dalam suatu kelompok ­e-mail.

e)   Chatting

Chatting adalah kegiatan mengobrol atau berkomunikasi dengan orang lain dalam internet, chatting sama halnya ketika anda melakukan SMS dengan seseorang dalam suatu telepon seluler.

f)   Download

Download adalah pengambilan informasi/file dari komputer lain melalui internet ke komputer anda.

g)   Upload

Upload adalah proses meletakan file dari komputer anda ke komputer lain di internet.


Pernah menuliskan salah satunya?

makalah sejarah perkembangan internet di dunia dan di indonesia (18), makalah sejarah perkembangan internet (15), makalah sejarah perkembangan internet di dunia (9), makalah sejarah internet di indonesia (8), makalah perkembangan internet di indonesia (6), artikel sejarah perkembangan internet di indonesia dan di dunia (6), rangkuman sejarah dan perkembangan internet (6), sejarah perkembangan internet di dunia dan di indonesia (5), makalah sejarah perkembangan internet di indonesia (4), sejarah perkembangan internet tahun 2013 (4), sejarah dan perkembangan internet (4), makalah sejarah internet dan perkembangannya (4), perkembangan internet di indonesia 2013 (4), makalah perkembangan internet (4), sejarah internet tahun 2013 (3), sejarah perkembangan internet dari tahun ke tahun (3), makalah tentang sejarah internet di indonesia (3), rangkuman sejarah perkembangan internet di indonesia (3), perkembangan internet tahun 2013 (3), artikel makalah sejarah perkembangan internet (3), rangkuman sejarah perkembangan internet di dunia (2), perkembangan internet di indonesia tahun 2013 (2), sejarah internet di indonesia (2), Makalah sejarah internet dan perkembangan e-mail di INdonesia (2), makalah sejarah perkembangan internet didunia (2), 

Sejarah dan Perkembangan Internet was last modified: July 18th, 2013 by Raihan

Gallery of Sejarah dan Perkembangan Internet