Persiapan Menjelang Sesi Pemotretan

persiapan menjelang sesi pemotretan

persiapan menjelang sesi pemotretan

Jika Anda berpikir melakukan sebuah sesi pemotretan sama sekali tidak membutuhkan persiapan maka Anda perlu membaca informasi dalam artikel ini. Karena Anda akan menyadari pentingnya sebuah persiapan dalam sesi pemotretan.

Pernahkah Anda mengalami sebuah kesempatan dimana Anda sedang melakukan hunting foto ke sebuah lokasi dan situasi menjadi kacau. Bisa jadi Anda kelupaan salah satu peralatan vital Anda atau malah setiba dilokasi, situasi di lokasi tidak kondusif karena berbenturan dengan schedule acara tertentu. Atau setiba disana Anda justru bingung mau mengambil gambar apa?

Sudah jauh-jauh Anda menempuh perjalanan demi bisa mendapt lokasi sesuai harapan Anda, ternyata terpaksa gagal karena kelalaian Anda dalam mempersiapkan sesi pemotretan. Bukan situasi yang Anda harapkan bukan?

Karenanya sebelum Anda menjalankan sebuah sesi pemotretan sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut :

  1. Ide
    Anda memerlukan sebuah ide konsep lokasi dan momen apa yang sedang Anda incar untuk Anda abadikan. Tanpa ide, Anda bisa saja datang ke lokasi dan tidak tau apa yang Anda cari. Sebaiknya tentukan ide dulu agar Anda dapat menyesuaikan lokasi dan waktu dengan ide Anda.
  2. Lokasi
    Tentukan lokasi mana yang akan menjadi venue sesi pemotretan Anda. Usahakan Anda memilih waktu yang tepat, ketika sesuai dengan konsep foto yang Anda harapkan. Jika memang Anda mencari foto hiruk pikuk orang lalu lalang, maka situasi ketika sedang ramai pengunjung adalah momen yang tepat. Tapi jika Anda sedang mencari foto suasana hening, sebaiknya pilih waktu yang sepi untuk sesi pemotretan. Pilih juga waktu ketika cuaca mendukung konsep Anda.
  3. Konsep
    Setelah ide dan lokasi, Anda perlu mempertimbangkan konsep detil dari pemotretan Anda. Apa yang ingin Anda cari dalam sesi ini. Momen apa, view apa dan gambaran apa yang ingin Anda dapatkan dari foto Anda.
  4. Peralatan
    Siapkan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan pemotretan ini. Anda sudah mengantongi ide, lokasi, waktu dan konsep. Artinya disini Anda sudah punya bayangan bagaimana sesi pemotretan ini nantinya. Jadi Anda tinggal menyesuaikan peralatan apa yang perlu Anda bawa untuk mendapatkan hasil sesuai ide dan konsep Anda. Jadi siapkan segalanya setidaknya satu hari sebelumnya. Charge batere, siapkan semua lensa, memory card dan perlengkapan lain, masukan dalam tas.

Kini Anda sudah siap dengan sesi pemotretan Anda. Jangan pernah terburu-buru menyingkirkan foto yang Anda rasa buruk. Akan lebih baik Anda putuskan nanti setelah sesi berakhir. Jangan lupa Anda cetak dan jadikan portofolio Anda.

sumber gambar : photographyschoolsonline.net

Pernah menuliskan salah satunya?

ide konsep untuk sesi pemotretan (1), perlengkapan ketika sesi pemotretan (1), 

Leave a Reply