Penyakit Dari Harddisk

Harddisk merupakan salah satu komponen penting pada sebuah PC maupun laptop. Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data dengan kapasitas daya tampung yang sangat besar. Harddisk merupakan organ bagian dari komputer yang tergolong fital dan sangat rentan terhadap kerusakan, apabila harddisk mengalami gangguan atau bahkan sampai mengalami kerusakan ini akan sangat mempengaruhi kinerja dari komputer dan tentunya sangat bisa menghambat pekerjaan anda.

Apakah anda sering merasakan bahwa kinerja dari komputer anda tidak berjalan secara optimal, lambat/lemot apabila sedang digunakan ? atau bahkan komputer selalu melakukan restart secara berulang-ulang dengan sendirinya ? Berhati-hatilah kemungkinan kerusakan terjadi pada harddisk, dan itulah salah satu indikasi bahwa komputer anda mengalami kerusakan pada bagian tersebut. Harddisk dapat mengalami kerusakan didasari oleh beberapa sebab, yaitu : Pertama piringan harddisk mengalami pelemahan pada bagian bidang magnetnya sehingga tidak bisa menyimpan data. Kedua adanya goresan pada priringan harddisk dan hal itu biasanya terjadi akibat adanya getaran maupun goncangan disekitar komputer. Ketiga tidak stabilnya daya listrik yang diterima. Keempat yaitu file yang tidak beraturan sehingga pada proses pembacaan file pada harddisk, head malah mengalami gesekan dengan platter sehingga mengalami kerusakan.

Apabila terjadi masalah dari keempat sebab tersebut, sudah barang tentu harddisk mengalami bad sector. Bad sector ialah kerusakan pada sector harddisk atau yang lebih dikenal dengan removable sehingga sector tersebut tidak bisa digunakan kembali sebagai tempat penyimpanan data maupun file komputer. Jadi, secara singkat kata bahwa bad sector diakibatkan kegagalan dalam proses read and write yang dilakukan oleh head sehingga hal yang terjadi ialah salahnya menerjemahkan sinyal-sinyal magnetik. Memang sulit untuk melihat tanda-tanda kerusakan pada sector harddisk, tetapi anda dapat memeriksanya dengan cara :

1)      Double click pada My Computer, klik kanan pada partisi harddisk yang akan dilakukan pengecekan.

2)      Klik properties –> Tools.

3)      Kemudian check now.

Pengecekan dengan cara diatas dapat memperbaiki bad sector dalam skala kerusakan ringan, dengan memilih fasilitas repair, adapun cara lainnya yaitu dengan menggunakan bantuan dari software seperti HDD Regenerator.

Cara untuk menangani bad sector pada harddisk dengan menggunakan bantuan software akan dibahas dalam artikel yang selanjutnya. Semoga bermanfaat dan tunggu kelanjutan cara memperbaiki bad sector pada harddisk.

Leave a Reply