Pengutipan Yang Sopan di Internet

Dikarenakan tertidur pulas sehingga baru jam segini penulis untuk mem-publish artikel untuk malam ini. Malam ini mau berbagi mengenai HAKI. Apa itu HAKI ? HAKI merupakan kependekan dari Hak Kekayaan Intelektual. HAKI secara umum memiliki enam kategori yang termasuk dalam kriteria berhak diklaim sebagai hak kekayaan intelektual.

Pertama mengenai hak paten, yaitu hak untuk penemuan baru dalam bidang teknologi. Paten memberikan perlindungan kepada penemu atas semua temuannya dan kesempatan untuk penelitian dan pengembangannya. Hak paten ini berlaku di Negara di mana hak paten ini didaftarkan dan biasanya berlaku selama 20 tahun lamanya, terhitung sejak pengajuan permohonan pendaftaran. Hak paten diberikan untuk produk atau proses pengolahan baru yang bermanfaat dan berbeda dari yang telah tersedia.

Kedua adalah hak cipta, hak yang melindung pekerja untuk pekerjaannya yang bersifat kesusasteraan, seni, drama, musik dan ilmu pengetahuan. Hak cipta diberikan untuk melindungi hak seseorang untuk menggandakan hasil karyanya bahkan memberikan hak terhadap sesorang untuk melanjutkannya. Hak cipta diberikan secara otomatis pada saat sesorang menciptakan karya aslinya.

Ketiga adalah merek dagang, segala yang berkaitan dengan merek seperti kata, simbol, gambar yang menandakan kekhususan dari barang dan jasa yang dihasilkan  dibanding dengan yang diproduksi oleh orang lain.

Keempat adalah hak desain industri, desain industri hanya dikhususkan untuk bentuk, pola dan   barang-barang hiasan dari produk hasil industri tersebut.

Kelima adalah topografi sirkuit terpadu, yang menyangkut penggabungan sirkuit elektronik yang membentuk suatu produk baru berupa sirkuit terpatu atau desain tata ruang.

Keenanm Hak penemu tanaman berlaku untuk penemuan varietas tanaman baru.

Kaitannya dengan temuan dibidang teknologi informasi, ada masalah yang akan muncul dan menuntut untuk mengupayakan pemetaan yang lebih jelas. Pemerintah sangat melindungi setiap hak cipta yang telah didaftarkan, sehingga dalam melakukan pengutipan di internet ada etikanya, misalnya pengutipan dilakukan lewat file transfer protocol maka sertakan nama pengarang (jika ada) dengan nama belakang lebih dulu ; judul;tanggal dokumentasi;protocol yang digunakan.

Itulah artikel malam ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi esok hari dengan artikel yang mengabarkan mengenai berbagai macam tutorial-tutorial. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.


Pernah menuliskan salah satunya?

pengutipan dari internet (1), 

Leave a Reply