Ikuti Panduan Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula Ini

Bagi Anda yang akan membeli kamera DSLR untuk pertama kali, bisa jadi Anda sedikit bingung meraba bagaimana cara tepat dalam membeli kamera DSLR. Terutama bagi Anda yang pemula dan memiliki budget terbatas. Kesalahan dalam memilih, akan berpengaruh pada pilihan aksesoris lain.

ikuti panduan membeli kamera DSLR untuk pemula ini

ikuti panduan membeli kamera DSLR untuk pemula ini

Berikut ini adalah panduan dalam membeli kamera DSLR bagi Anda yang pemula.

  1. Kebutuhan dan Budget
    Sebaiknya bagi Anda yang pemula lebih fokus pada kamera dengan penggunaan yang mudah dan simpel. Mengenai fitur, Anda perlu melihat kebutuhan dan budget Anda dengan bijak. Semakin baik fitur dari sebuah kamera sudah tentu akan semakin mahal. Kelengkapan pada kamera seperti resolusi pixel yang besar, kecepatan tinggi dan diafragma lengkap dengan ISO yang tinggi memang akan memberi Anda fleksibilitas yang lebih baik dalam menghasilkan foto.
    Tapi beberapa pemula cenderung memilih kesederhanaan karena faktor harga dan proses pembelajaran yang bertahap. Tapi bagi Anda yang ingin sekaligus menjajal berbagai konsep pemoretan, membeli kamera DSLR dengan fitur lengkap bisa jadi pilihan, asal siap dengan harga.
  2. Sensor
    Ada tiga macam sensor di pasaran, Full Frame , APS-C dan Four-thirds. Fungsi sensor adalah penangkap gambar. Pada sensor full frame hasil foto akan sama persis dengan bidikan Anda, tanpa tercrop. Sedang pada sensor APS-C dan Four-Thirds hasil gambar bisa sedikit terpotong. Tapi beberapa fotografer sedang menggemari sensor four-thirds karena lebih ringan dan simpel.
    Perhatikan juga efek antishake system, terutama bagi Anda yang pemula. Getaran efek dari gerakan tangan atau karena gerakan kamera yang tidak Anda sengaja bisa membuat gambar menjadi buram atau blur. Sistem ini berfungsi menekan efek getaran sebaik mungkin.
  3. Ukuran dan Model
    Bagi Anda yang mengenal kamera pertama berupa kamera saku, biasanya akan sedikit kesulitan dengan kamera DSLR karena lebih berat dan besar. Jadi sebaiknya Anda membeli kamera DSLR dengan model yang kompak dan ringan. Anda masih bisa mendapatkan kamera dengan fitur yang cukup lengkap dan bentuk yang kompak.

OK…semoga beberapa panduan ini cukup memberi Anda referensi bagi Anda untuk membeli kamera DSLR pertama Anda. Selamat berbelanja…

sumber gambar : pentaxforums

Leave a Reply