Mengenal Lebih Jauh Fotografi Underwater

mengenal lebih jauh fotografi underwaterSebelumnya saya sudah sempt berbagi mengenai beberapa kamera yang cukup efektif Anda gunakan pada fotografi bawah air atau fotografi underwater. Kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar fotografi underwater.

Dengan mengetahui beberapa hal dalam dunia bawah air, Anda akan semakin mampu menciptakan foto yang optimal. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam fotografi underwater:

  1. Air cenderung terus bergerak dan menciptakan arus, karenanya Anda akan terus terombang ambing dalam gelombang dan memberi kesulitan tersendiri dalam memotret. Karenanya kunci utama dalam fotografi underwater adalah kestabilan Anda dalam air atau buoyancy. Kalau buoyancy sudah dapat Anda kuasai, Anda akan lebih mudah mendapatkan gambar dalam air dengan baik
  2. Air punya kecenderungan untuk menyerap warna, terutama warna terang seperti warna merah, kuning dan jingga. Karenanya foto bawah air cenderung berwarna kebiruan. Semakin dalam Anda menyelam, semakin banyak warna yang terserap dan juga suasana semakin gelap dans amar. Untuk memaksimalkan warna asli dari objek Anda, Anda perlu menggunakan flash atau strobe. Pada kedalaman dangkal built ini flash sudah mampu memberi Anda cahaya yang cukup. Tapi pada kedalaman lebih jauh Andamemerlukan tambahan flash.
  3. Air juga membuat objek jadi sedikit samar dan buram, karena air mengaburkan contrast dan ketajaman. Terutama ketika Anda memotretnya. Jadi hindari memotret dari jarak jauh untuk menghindari ini.  Kalau Anda perlu melakukan pemotretan dari jarak jauh Anda perlu menggunakan peralatan tambahan seperti Wide Angle Lens.
  4. Untuk menghindari kerusakan Anda perlu menggunaan kamera kedap air atau menggunakan casing underwater untuk kamera Anda. Tidak hanya itu, casing underwater juga perlu Anda beri pinggiran karet yang biasa disebut O-ring.  Tapi casing ini juga bisa membuat gambar sedikit kabur, karenanya Anda perlu menggunakan Wide Angle Lens tadi dan pastikan Anda membersihkan casing dengan baik sebelum Anda gunakan.
  5. Perhatikan sumber cahaya alami dan keberadaan partikel dalam air yang bisa membiaskan cahaya. Salah-salah foto Anda akan bias karena efek cahaya yang tidak Anda perhitungkan. Bahkan pada kasus tertentu foto akan memiliki spot cahaya atau backscatter. Anda bisa menggunaan aperture mode untuk menyeimbangkan sumber cahaya.

Demikian tadi beberapa informasi yang perlu Anda pahami mengenai fotografi underwater. Semoga bermanfaat sebagai referensi Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

fotografi underwater (1), Perangkat Fotografi Underwater (1), 

Leave a Reply