Mengenal Istilah Dasar Fotografi Bagi Pemula

mengenal istilah dasar fotografi bagi pemula

mengenal istilah dasar fotografi bagi pemula

Belakangan penghobi fotografi kian banyak saja. Ini juga sebabnya web ini kami buat untuk memberi wadah informasi bagi Anda penggemar fotografi .

Semakin banyak pendatang baru dalam dunia fotografi membuat kami tertarik membahas beberapa hal mendasar soal fotografi. Seperti istilah dasar fotografi misalkan. Karena biasanya sebagai pemula banyak hal yang masih cukup awam Anda mengerti dan sebenarnya ini bisa mempengaruhi kemampuan Anda memahami cara-cara dasar dalam mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan.

OK…langsung saja, pasa sich istilah dasar fotografi yang perlu Anda pahami?

  1. Diafragma atau Aperture
    Diafragma adalah bukaan lensa yang berfungsi menerima cahaya yang datang dari luar kamera. Semakin besar bukaan lensa artinya cahaya yang Anda terima semakin besar, sederhananya hasil gambar semakin terang. Ini biasanya berkaitan dengan Depth Of Field (DOF)
  2. Depth Of Field (DOF)
    Secara umum bisa Anda artikan sebagai ruang tajam gambar. Gambar biasanya terdiri dari dua bagian yakni gambar yang tajam dan gambar yang blur. Bukaan lensa juga bekerja dalam hal ini, semakin lebar bukaan lensa semakin lebar pula ruang tajam gambar dalam foto Anda.
  3. ISO
    Daya sensitifitas cahaya pada lensa bergantung pada ISO, Semakin kecil ISO juga berarti semakin kecil daya sensitifitas cahaya dari lensa tersebut.
  4. Speed
    Arti dari speed dalam dunia fotografi adalah kecepatan dalam menangkap gambar  atau gerakan yang Anda rekam. Speed bersifat custom dapat Anda ubah sesuai kebutuhan. Anda bisa mendapatkan gambar “beku” atas suatu gerakan cepat pada speed tinggi dan gambar “berbayang” pada speed rendah.
  5. Mode dial
    Mode dial disini maksudnya setting standar pada kamera. Biasanya mode dial terdapat pada kamera SLR dan kamera saku. Anda bisa mengatur menjadi auto (mengatur dengan sendirinya), custom yang sudah tersetting, custom settingan Anda sendiri, hingga manual. Disini juga bisa memberi prioritas pada diafragma atau prioritas pada speed.

Secara umum itu tadi 5 istilah dasar fotografi yang perlu Anda pahami di awal Anda mulai menjajaki dunia fotografi. Setidaknya kelima hal dasar tadi bisa membantu Anda memahami konsep dasar dalam mengambil gambar.

sumber gambar : 121flickr

Pernah menuliskan salah satunya?

fotografer pemula (1), fotografi pemula (1), tips fotografi pemula (1), 

Leave a Reply