Mengenal Internet Service Provider Part 2

Menyambung janji penulis tentang artikel sebelumnya, ini merupakan lanjutan dari informasi mengenai internet service provider. Telah disinggung pada artikel sebelumnya kriteria memilih ISP yang benar, mulai dari kecepatan transfer data, bandwidth yang diterima dan yang terakhir memiliki server proxy.

Kriteria selanjutnya, ada empat kriteria yang akan penulis bagikan kepada anda, adapun kriteria selanjutnya ialah :

  • Memiliki Backbone, adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Karena membuat backbone memerlukan biaya mahal dan teknologi yang tinggi, penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya tetapi mengurangi kecepatan akses pada masing-masing ISP.
  • Keamanan Data, transaksi yang dilakukan melalui internet rawan tindak kejahatan, oleh karena itu anda perlu tahu apakah ISP yang anda gunakan memiliki firewall untuk menjamin keamanan data transaksi online yang anda laukan.
  • Hardware, anda harus tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh ISP tersebut, berapa kecepatannya dan rasio pelanggan per setiap detiknya, hal tersebut perlu anda ketahui karena akan berpengaruh terhadap layanan yang anda dapatkan.
  • Teknologi yang digunakan, dalam pemilihan suatu ISP anda juga harus tahu teknologi yang harus dimiliki oleh suatu ISP tersebut. Apaah ISP yang anda pilih memiliki teknologi kompresi data yang memungkinkan untuk melakukan transfer data lebih cepat.

Itulah kriteria yang selengkapnya mengenai pemilihan ISP yang baik. Ini semua semoga menjadi referensi anda dalam menentukan. Kenyamanan yang anda rasakan pada saat menggunakan internet bergantung pada kebijakan anda memilih ISP tersebut.

Leave a Reply