Mengabadikan Pesona Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah mungkur adalah sebuah waduk buatan bertempat di daerah kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Waduk yang membendung sungai Bengawan Solo ini memiliki luas area 8800 hektar ini merupakan salah satu wahana air terbesar di Jawa.

mengabadikan pesona waduk gajah mungkur

Lokasi ini berkembang menjadi salah satu pusat wisata air yang cukup menarik sekaligus sebagai sumber pencaharian banyak masyarakat di kawasan ini. Anda bisa menjumpai pedagang kulier setempat yang memadati area perdagangan. Selain itu masyarakat setempat juga banyak yang berprofesi sebagai nelayan dan petani jagung terutama pada musim kemarau ketika air waduk surut.

Untuk mencapai lokasi ini Anda perlu melakukan perjalanan menuju kota Wonogiri. Lokasinya sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta dan sekitar 1,5 jam dari kota Surakarta. Kota ini termasuk kawasan dataran tinggi dengan area yang berbukit. Dari kota Wonogiri Anda  kemudian ke arah Selatan kota sekitar 10 menit dari pusat kota, atau kurang lebih 3 Km. Anda sudah memasuki area Waduk Gajah Mungkur yang eksotis dan indah.

Bagi Anda yang memiliki hasrat fotografi, lokasi ini memiliki nilai tersendiri yang bisa Anda andalkan dalam karya foto Anda. Ada banyak hal yang bisa Anda abadikan melalui kamera Anda. Baik itu panorama alamnya maupun aktifitas masyarakat di kawasan ini. Anda juga bisa mendapatkan view yang berbeda dengan menyewa kapal  mengarungi tengah waduk. Harga sewa sekitar Rp 20 ribu.

Selain lokasi waduk, sekitar 4 km dari waduk Gajah Mungkur juga terdapat sebuah kawsan danau buatan yang masih menyambung dengan kawasan perairan waduk ini, yakni Sedang Asri. Di sini Anda akan menemukan kawasan wisata yang asri dan menarik.

Ada kebun binatang kecil, beragam permainan air, restoran terapung dan gantole. Kawasan di dataran tinggi ini juga cukup sejuk dan rindang. Untuk Anda para fotografer, kawasan rindang tentu sangat membantu memfilter cahaya matahari berlebihan.

Ada baiknya Anda berkunjung ke kawasan ini di pagi hari, ketika suplai cahaya matahari belum berlebihan. Terutama bila target bidikan Anda dalah kawasan waduk yang terbuka. Bawalah tools yang simple dan tidak terlalu memberatkan karena mungkin Anda perlu menyusuri keliling waduk dan ini akan sangat merepotkan bila Anda membawa terlalu banyak peralatan.

Cukup kamera DSLR atau justru mirrorless yang ringan, sebuah lensa wide dan tele, juga batere cadangan dan memory card tentunya. Anda tidak perlu membawa flash karena pada umumnya suplai cahaya cukup, kecuali Anda melakukan pemotretan malam hari.

Selamat ber hunting ria…


Pernah menuliskan salah satunya?

lokasi waduk gajah mungkur (1), 

Leave a Reply