Mencoba Teknik Fotografi Dengan Efek Starburst

Anda pernah melihat foto yang menyertakan sebuah sumber cahaya yang seolah berpendar seperti bintang? Biasanya ini adalah foto dengan latar belakang gelap seperti pemotretan malam hari atau pemotretan pada ruang gelap. Inilah teknik fotografi dengan efek starburst.

Teknik fotografi satu ini memang memaksimalkan efek pencahayaan dengan memendarkan cahaya menjadi seperti memijar seperti bintang. Meskipun demikian foto tetap terkesan lembut dan tidak menyilaukan. Apa rahasia dari teknik fotografi ini?

Sebenarnya untuk mendapatkan foto dengan efek starburst tidak sulit. Karena kuncinya hanya terletak pada daya tangkap cahaya dari lensa. Di sini Anda hanya perlu mengatur besaran aperture. Maksimalkan angka dari aperture maka cahaya yang tertangkap oleh lensa akan minimal. Sehingga ketika Anda menangkap gambar dari sebuah sumber cahaya, seperti lampu misalkan, akan seolah berpendar.  Secara ilmu fisika setiap cahaya yang melewati celah sempit akan berpendar secara optikal.

Anda bisa menoba sendiri bagaimana hasil foto dari aperture dengan ukuran f/3.5 dengan aperture dengan ukuran f/11 atau malah f/22. Maka pada aperture dengan ukuran besar Anda bisa mendapatkan pendaran yang cantik, semakin besar Anda menentukan ukuran aperture maka semakin baik pula pendaran cahaya yang muncul.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang  optimal, penggunaan aperture besar bukan satu-satunya. Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda sertakan untuk mengoptimalkan hasil foto starburst Anda. Anda harus mengatur ISO  pada angka rendah karena kita akan memotret pada long exposure.  Ini juga akan mencegah foto akan tampak over expose.

Anda juga akan menggunakan depth of focus pendek. Jadi fokus Anda terletak pada sisi depan dan sumber cahaya sebagai sisi latar gambar ini akan membuat pendaran akan semakin sempurna. Bila Anda salah meletakan fokus bisa jadi Anda tidak berhasil menciptakan pendaran.

Dan sempurnakan efek starburst Anda dengan penggunaan tripod. Penggunaan aperture kecil, DOF yang pendek dan tentu saja ISO kecil akan membuat shutterspeed akan bekerja lambat. Bahkan bisa mencapai 25 detik. Sebuah getaran kecil saja bisa merusak keseluruhan foto.

Ok…secara teori Anda sudah mendapat cukup informasi kan mengenai teknik fotografi efek starburst? Sekarang Anda hanya harus mencoba dan mencoba lagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara motret starburst (1), efek starburst (1), foto starbus (1), 

No Responses to “Mencoba Teknik Fotografi Dengan Efek Starburst”

Leave a Reply