Memahami Warna Dari Sumber Pencahayaan Alami Dan Buatan

Kita sudah banyak membahas seputar pencahayaan dalam fotografi dalam 2 artikel sebelumnya. Kali ini kembali kita akan mengupas masalah pencahayaan. Kali ini mengenai sumber pencahayaan, baik cahaya alami maupun cahaya buatan.

memahami warna dari sumber pencahayaan alami dan buatan

Kedua jenis cahaya memiliki karakter masing, ketajaman dan efek masing-masing terhadap sebuah foto yang di hasilkan. Karenanya seorang fotografer harus memahami karakter dari masing-masing sumber pencahayaan  untuk dapat mengenali kebutuhan fotografer.

Secara umum, karakter dari sebuah sumber cahaya terletak pada warna yang di bawa. Pada dasarnya warna adalah putih. Tapi bila cahaya putih ini mengenai cermin bidang prisma, maka akan terbentuk pancaran pelangi yang terdiri dari Merah , Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu. Inilah yang disebut dengan spectrum cahaya.

Yang terjadi ketika sebuah cahaya putih mengenai sebidang benda berwarna merah, adalah bendar tersebut akan memancarkan warna merah dan akan menyerap warna lain. Ini yang membuat mata Anda melihatnya sebagai warna merah.

Hal ini juga yang terjadi pada kamera, karena pantulan dan unsur pemancaran menyebabkan cahaya putih ini akan memancarkan cahaya yang berbeda ketika diterima kamera. Memahami karakter warna dari sebuah sumber pencahayaan akan membuat Anda siap menyikapi kekurangan  warna. Berikut beberapa karate warna dalam sumber pencahayaan.

  1. Cahaya matahari
    Secara kasat mata Anda melihat warna dari sinar matahari adalah putih. Tapi sebagaimana spectrum cahaya, sebenarnya cahaya matahari memiliki banyak warna didalamnya. Menariknya, konsistensi warna dalam cahaya matahari ternyata bisa berubah-ubah. Pada saat matahari terbit dan tenggelam sinar matahari memiliki warna dominan merah, sedang pada siang hari Anda akan mendapatkan cahaya yang cenderung dominan kuning. Pada saat pasca terbit (pukul 7-8 pagi) atau sebelum tenggelam (4-5 sore) warna dominan cahaya matahari adalah biru.
  2. Cahaya bulan purnama
    Biasanya cahaya bulan purnama bukan cahaya dalam intensitas besar. Tapi cahayanya bisa juga Anda gunakan sebagai pencahayaan dalam fotografi meski seringnya hanya sebagai pelengkap. Cahaya bulan memiliki warna biru dan ungu sebagai warna dominan.
  3. Cahaya buatan
    Cahaya buatan memiliki banyak varian. Meski umumnya warna yang terliha adalah  putih, tapi lampu sebagaimana matahari juga memiliki karakter warna masing-masing. Smisal lampu pijar yang kuning, lampu fluorescent yang kebiruan dan masih banyak lagi.

Kini Anda semakin mengerti karakter warna dalam sumber  pencahayaan kan


Pernah menuliskan salah satunya?

karakter cahaya pukul 7 pagi (1), sumber cahaya alami dan buatan (1), 

Leave a Reply