Lensa Tele, Apa Saja Fungsinya?

Lensa tele mungkin lebih banyak dikenal orang dibanding lensa lainnya dikalangan orang awam. Pasalnya lensa ini lebih sering terlihat seperti pada pertandingan olahraga, pertunjukan besar atau peristiwa khusus seperti penerbangan, kedatangan tokoh penting dan sebagainya.

 

Lensa tele adalah lensa dengan focal length panjang diatas 60 mm. Tapi pada umumnya para profesional menggunakan lesan tele dengan focal length diatas 280 mm bahkan diatas 350 mm.  dengan jarak focal length yang jauh Anda bisa memotret objek dengan jarak di atas 20 m dari lensa.

Rasanya juga masyarakat awam cukup paham fungsi dari lensa tele secara umum. Bila Anda mengenal senjata penembak jarak jauh snipper maka lensa tele ada snippernya pada fotografer. Anda bisa mendapatkan gambar sempurna dari jarak yang sangat jauh dengan tajam seolah objek berada didekat Lensa kamera Anda.

Tapi secara khusus lensa tele ternyata memiliki beberapa fungsi lain. Berikut adalah fungsi khusus dari lensa tele.

  1. Mengoptimalkan DOF
    Focal Length yang jauh dan jarak objek yang juga jauh, akan mendorong Anda meletakan fokus secara sempit. Hasilnya objek yang muncul dalam gambar akan sangat tajam dan latar belakang akan blur. Pada lensa tele efek ini bisa lebih optimal dan tajam.
  2. Menghasilkan foto makro
    Selama ini foto makro lebih dikenal berasal dari lensa makro yang mampu memotret dari jarak sangat dekat. Salah satu cirikhas dari foto makro adalah detil yang sangat jelas. Justru itulah keunggulan dari lensa tele. Kemampuannya menampilkan detil meski dalam jarak jauh memberi Anda kelebihan untuk menghasilkan foto makro dari sebuah objek kecil jarak jauh. Memotret mata ular dari jarak 1 cm jauh lebih beresiko daripada memotretnya dari jarak 10 meter kan?
  3. Menghasilkan portrait lebih baik
    Meski lensa tele adalah lensa pembidik jarak jauh, tapi justru lensa ini menjadi kegemaran para fotografer studio. Ketajaman gambar yang lebih baik adalah salah satu alasannya. Selain itu untuk mendapatkan gambar portrait close up,penggunaan lensa fix normal memaksa fotografer membidik dari jarak agak dekat sehingga menghasilkan over explosure terhadap objek dan foto akan terlalu 3 dimensi. Sedang lensa tele akan memotret dari jarak lebih jauh meski untuk mendapatkan foto close up. Hasil dari foto lensa tele tetap smooth karena ada efek kompresi dari lensa.

Pernah menuliskan salah satunya?

lensa tele ini foto jarak jelas (1), lensa yang khusus dibuat untuk membidik objek yang jaraknya jauh adalah (1), 

Leave a Reply