Kualitas Duduk Mempengaruhi Kesehatan Di Depan Komputer

Bukan hanya faktor kenyamanan saja (ergonomis) posisi duduk saat melakukan pekerjaan di depan komputer sangat menentukan kesehatan anda. Apabila posisi duduk anda tidak benar berbagai macam penyakit dapat muncul akibat dari posisi duduk anda saat bekerja di depan komputer, posisi tulang belakang bisa berubah, inti otot dapat keluar akibat pecah sehingga akan menimbulkan rasa sakit dibagian pinggang dan yang terparah bisa membuat anda bungkuk. Dan itulah berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh kurang baiknya posisi duduk di depan komputer.

Untuk menghindari penyakit-penyakit yang diakibatkan karena pekerjaan yang harus berhadapan dengan komputer sepanjang waktu, penulis memberikan tips mengenai posisi duduk yang baik di depan komputer, simaklah dan semoga berguna untuk anda :

~ Badan anda harus dekat dengan siku anda, ini akan mengurangi ketegangan otot bahu dan pundak.

~ Sudut yang tercipta antara lengan atas dan lengan bawah berkisar 90o.

~ Untuk membantu supaya pergelangan dan lengan anda tetep lurus, sebaiknya ada penyangga pergelangan di dekat keyboard.

~ Kepala tegak lurus, jarak mata dengan monitor sekitar 0,5 meter, dikarenakan jarak minimal yang masih bisa ditolerir adalah sekitar 30cm.

Dan ada faktor terakhir, dari kelanjutan artikel pagi tadi yaitu mengenai warna. Biasanya komputer selalu diperindah dengan latar belakang atau background dengan berbagai macam warna. Untuk jangka pendek tentu ini tidak akan merusak mata anda selaku pengoperasi komputer, tetapi tahukan anda bahwa warna yang terlalu mencolok ke mata dengan berbagai macam warna dapat mengganggu kesehatan. Dalam penggunaan relatif lama di depan komputer mata akan merasakan kelelahan hebat hingga bisa terjadi peradangan mata.

Oleh karena itu, selain memperhatikan posisi duduk di depan komputer, hal-hal berikut berikut ini harus diperhatikan juga :

~ Ketajaman teks dan kontras antara warna teks dengan warna latar belakang.

~ Warna-warna yang paling mudah dideteksi oleh mata adalah hitam, putih, kuning, hijau dan oranye. Gunakan warna-warna tersebut untuk teks. Sebaliknya, hindari warna-warna biru, violet dan merah untuk teks karena merupakan kelompok warna yang sulit diterima oleh mata.

~ Polaritas negatif lebih diprioritaskan karena flicker rate yang terjadi pada kondisi ini lebih rendah dibandingkan dengan polaritas positif.

~ Dan yang terakhir, rasio antara kecerahan gambar atau teks dibanding dengan latar belakang adalah 10:1.

Semoga artikel ini dapat membantu pola hidup sehat dan menghindari berbagai macam penyakit yang dapat ditimbukan dari pekerjaan anda sehari-hari di depan komputer. Sampai jumpa diartikel selanjutnya nanti malam.

Leave a Reply