Kiat Simpel Memilih Kamera Saku

Bagi Anda yang pemula, memilih kamera saku kadang cukup membingungkan. Begitu banyak macam dengan beragam fitur yang kadang seperti hampir sama benar-benar bisa mengecohkan. Lalu bagaimana sebenarnya cara memilih kamera saku yang benar?

kiat simpel memilih kamera saku

kiat simpel memilih kamera saku

Berikut saya coba share beberapa kiat simpel dalam memilih kamera saku.

  1. Lensa
    Lensa itu seperti mata bagi manusia, jadi kalau Anda memilih kamera apapun itu Anda harus melihat lensanya pertama kali.
    Begitu penting sampai pemilik kamera DSLR rela menghabiskan dana untuk mengkoleksi beragam varian lensa.
    Kamera saku tidak dapat berganti-ganti lensa, jadi pastikan bagaimana kualitas dan ukuran  kamera juga sebaiknya sudah ada image stabilization (IS) jadi bisa meredam getaran.Yang jelas sesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti kamera ukuran lebar biasanya untuk foto pemandangan.
  2. Kenyamanan
    Ketika Anda melihat sebuah kamera saku, pastikan Anda menjajalnya dalam posisi membidik. Pastikan letak-letak tombol nyaman di genggaman Anda. Jangan sampai bidikan Anda meleset Cuma karena salah pencet. Pilih juga kamera saku dengan casing yang cukup kokoh supaya lebih bandel dan tahan banting.
  3. Shutter Lag
    Satu lagi yang kerap terabaikan Shutterlag. Ini adalah jeda waktu antara Anda memencet tombol shutter dengan bukaan diafragma. Beberapa kamera saku masih memiliki shutter lag dan ini perlu Anda pahami. Sebaiknya pilihlah kamera yang tidak ada shutter lagnya. Tapi kalau milik Anda masih ada shutter lag, maka pastikan Anda menahan posisi kamera hingga bukaan diafragma terjadi. Sebaiknya Anda memahami berapa lama jeda waktu yang terjadi.
  4. Kualitas life view
    Salah satu kekuatan dari kamera saku adalah keberadaan LCD sebagai life view. Sebaiknya Anda pastikan kualitas LCD pada kamera saku yang Anda pilih. Karena life  view adalah kekuatan Anda. Sebagai fotografer dengan kamera saku, life view adalah wahana Anda bereksplorasi, jadi sebaiknya pilih yang berkualitas baik
  5. ISO
    Beberapa orang seringkali mengira kualitas kamera diliat dari besaran pixelnya. Padahal dengan 8 MP saja sebenarnya itu sudah cukup sempurna. Anda justru perlu melihat nilai ISO pada kamera saku Anda. Semakin besar ISO semakin baik kualitas gambar pada gelap, hanya saja ISO yang tinggi menyebabkan gambar sedikit tersembuart hitam pada lokasi yang terang. Angka yang netral untuk ISO sekitar 1600.

Bagaiman cukup jelas kan kiat simpel dalam memilih kamera saku ini?

Leave a Reply