Kamera Mirrorless, Kamera Saku Terobosan Terbaru

Memiliki kamera DSLR memang kerap menjadi impian banyak fotografer. Hanya saja kerap kali harus terbentur oleh harga yang mahal. Jika kemudian Anda kemudian memilih untuk membeli kamera saku digital biasa, rasanya memang kurang puas.

kamera mirrorless, kamera saku terobosan terbaru

kamera mirrorless, kamera saku terobosan terbaru

Kenapa tidak mencoba alternatif lain, kamera mirrorless. Bisa saya katakan fungsi dan fitur dari kamera mirrorless berada diantara kamera saku biasa dengan kamera DSLR.  Sehingga cukup fungsional bagi Anda pemula dan yang memerlukan kamera praktis.

Apa Itu Kamera Mirrorless?

Sebenarnya kamera mirrorless adalah pengembangan dari sistem SLR tapi dengan mengadaptasi sistem kamera saku sekaligus. Jadi tengah-tengah lah…Jika pada kamera SLR biasa Anda akan menemukan lensa  pentaprisma ditengah jalur optikal. Ini adalah ciri khas dari kamera SLR.

Seperti saya sampaikan pada artikel mengenai kamera DSLR, Fungsi lensa pentaprisma adalah sebagai cermin pemantul gambar sehingga gambar yang jatuh pada viewfinder dan local plane sama. Nah…hal ini di hilangkan pada sistem kamera mirrorless. Bukan berarti hilangnya lensa cermin ini membuat Anda akan kesulitan mendapatkan gambar identic pada dua titik tangkap. Tapi justru kamera dibuat lebih sederhana dengan hanya satu titik tangkap. Persis seperti pada sistem kamera saku.

Pada kamera  mirrorless, Anda dapat melihat bidikan dengan life view pada LCD yang berasal dari penangkapan titik rekam. Tidak melalui kaca pembidik view finder seperti pada DSLR. Hilangnya bagian saluran optikal dengan lensa cermin pada bagian dalamnya membuat kamera Mirrorless ini bisa tampil lebih kecil dan kompak.

Tapi jangan khawatir, meski lebih kompak Anda tetap bisa mendapatkan semua fitur dari kamera DSLR seperti biasa. Semua penyesuaian dan pengaturan bisa Anda lakukan manual dan Anda bisa mengganti-ganti lensa. Jadi Anda seperti membawa kamera saku dengan fitur kamera DSLR. Menarik kan?

Dengan ukuran bersahabat, tentu tidak ada lagi ribet untuk membawa kamera DSLR yang berukuran besar dan berat keliling sembari traveling. Kamera mirrorless benar-benar seperti kamera saku yang cukup Anda masukan di tas pinggang Anda. dengan lensa tambahan  yang juga lebih kompak jadi mudah Anda bawa-bawa.

Menariknya, umumnya kamera mirrorless dibandrol dengan harga yang cukup sesuai dengan kantong pemula. Jadi penasaran kan? Ayoo…segera ke gerai kamera terdekat dan cari kamer mirrorless untuk program traveling Anda kedepan.

Sumber gambar :seriouscompacts

Leave a Reply