Jenis Lensa Untuk Kamera DSLR

Kamera DSLR memang menjadikan dunia fotografi semakin berkembang. Jika dulu Anda mengenal sistem analog yang lebih ribet, maka siste digital berhasil memudahkan segalanya. Apalagi kamera DSLR memiliki keunggulan layaknya kamera SLR konvensional bahkan lebih lengkap dengan pengaturan berteknologi tinggi yang lebih mudah untuk Anda operasikan.

jenis lensa untuk kamera dslr

Salah satu keunggulan kamera SLR biasa yang juga ada pada kamera DSLR adalah beragam jenis lensa dengan manfaat yang berbeda. Sistem lensa yang bisa di gonta ganti memang menjadi keunggulan tersendiri untuk kamera SLR. Berikut adalah 3 jenis lensa utama dalam kamera DSLR.

  1. Lensa normal
    Lensa ini memiliki focal Length antara 45 -55 mm dengan ukuran antara 18 -55 mm. Lensa ini sangat cocok sebagai tools dalam pengambilan gambar dengan objek yang letaknya rata-rata pandangan manusia. Pada umumnya lensa ini sudah masuk dalam kit pembelian kamera baru.
  2. Lensa Wide
    Secara umum lensa wide adalah lensa dengan daya tangkap gambar yang lebih luas. Pada umumnya menjadi tools pada pengambilan gambar landscape, atau pengambilan indoor dengan space terbatas. Ukuran dari kamera ini di bawah 45 mm dengan sudut pandang lebih lua dari kamera normal. . Ukuran lensa ini terdiri dari zoom dan fixed. Pada lensa zoom biasanya dengan range 10-20mm, 12-24mm, 11-16mm,dsb. dan untuk lensa fixed dengan ukuran 15mm, 8mm, 10mm, 20mm dan masih banyak ukuran lainnya yang khusus.
  3. Lensa Tele
    Ukuran dari kamera ini diatas 55 mm jadi diatas kamera normal. Kamera ini memiliki sudut pandang sempit tapi dapat fokus pada jarak yang sangat jauh. Ukuran lensa jenis tele juga beragam yang paling banyak digunakan 70-200mm, selain itu ada 70-300mm, 100-500mm, 200mm, 300mm, 1000mm, dan masih banyak ukuran khusus lain. Biasanya kamera ini kerap menjadi tools para pemburu foto hewan liar dan para jurnalis. Ada kesan fotografer dengan lensa tele tak ubahnya sebagai para sniper di dunia fotografi.

Itu tadi 3 jenis lensa utama dalam kamera DSLR. Mana yang cocok dengan aktivitas fotografi Anda?

Leave a Reply