‘Jendela’ VS ‘Buah Khas Malang’

Tidak seperti malam-malam sebelumnya, artikel kali ini sedikit berbeda. Walaupun berbeda tetapi tidak keluar dari lingkup teknologi, dan malam ini bercerita mengenai lakon-lakon dibalik perkembangan teknologi pada saat sekarang ini. Persaingan antara dua raksasa produsen teknologi terkemuka di dunia yaitu Microsoft dan Apple, para raksasa inilah yang menguasai pasar teknologi khususnya produk piranti lunak komputer. Persaingan diantara keduanya terbilang saling sikut tetapi dalam konteks yang sportif, mereka saling menunjukan kemampuan dengan berbagai macam produk teknologi yang berkualitas.

Menurut riset yang dilakukan oleh salah satu badan pemasaran di Amerika, hampir sebagian besar pasar di Asia dikuasai oleh Microsoft. Microsoft terkenal akan interaksi yang terjalin antar piranti komputer dengan user sebagai penggunanya. Namun, Apple terkenal akan user interface yang begitu memanjakan penggunanya, sehingga untuk berlama-lama mengoperasikan produk dari Apple ini tidak akan bosan.

Memang tidak akan ada habisnya membicarakan track record dua raksasa ini dalam dunia teknologi, semuanya mempunyai taste masing-masing dan bangsa pasar masing-masing. Tetapi inilah yang namanya kehidupan, tidak ada seorangpun yang ingin menjadi nomor dua, meskipun tidak terpaut jauh tetap saja semua ingin menang dalam segala hal.

Begitu juga dengan teknologi, untuk mendapatkan pasar yang lebih besar tentunya harus memikirkan apa yang belum sampai orang lain pikirkan, bekerja sedikit lebih keras dari orang lain itu semua hanya untuk memuaskan anda para pelanggan setia yang lapar akan perkembangan teknologi.

Alasan penulis, mengambil topik ini dikarenakan baru-baru ini ada kejadian cukup menarik yang melibatkan dua raksasa. Dalam salah satu iklan promosi produk terbaru dari Microsoft, ada sedikit intrik untuk menunjukan kelebihan Windows 8 dari pada operating system yang dimiliki Apple. Dalam adegan iklan tersebut ada dua orang pria masing-masing memegang produk yang berbeda. Dua orang pria ini merupakan pencari bakat olahraga baseball, masing-masing dari mereka berinteraksi dengan seorang pria lain melalui jaringan internet, pria yang memegang produk OS dari Apple merasakan kesulitan untuk memberikan informasi mengenai ability atau kemampuan dari olahragawan yang sedang diamati, dan ini berbeda terbalik dengan pria yang memegang produk Microsoft yang tidak menemukan hambatan dikarenakan fitur yang dimiliki sudah dirancang untuk bisa melakukan multitasking. Ini menimbulkan banyak kritikan dari para pecinta buah apel, mereka membanjiri komentar untuk mengklarifikasi hal ini, dan untungnya jendela cepat merespon dan melakukan klarifikasi untuk menyelesaikan kekisruhan yang terjadi.

Leave a Reply