Ini Dia Trik Fotografi Ekstrim Dalam Pendakian

Salah satu hal yang kental berkaitan dengan fotografi ekstrim adalah ativitas olahraga ekstrim. Ada sangat banyak kegiatan ekstrim yang memang lekat dengan dunia fotografi dan salah satunya adalah akivitas pendakian.

ini dia trik fotografi ekstrim dalam pendakian

Mereka penghobi kegiatan pendakian biasanya memiliki hasrat untuk merekam keindahan panorama alam yang mereka jumpai selama perjalanan pendakian dan ketika mereka mencapai puncak gunung. Kenyataannya panorama di puncak cakrawala memang sangat berbeda dengan pemandangan alam biasa di sekitar kita.

Hanya di puncak gunung Anda bisa mendapai keindahan kawah dengan danau vulkanis kehijauan, lengkap dengan kabut tipis yang menyapu pandangan. Atau bentangan savanna edelweiss dengan pasir menguning pucat. Dan hanya dari puncak gunung Anda bisa melihat pemandangan landscape kota di kaki gunung dari ketinggian beserta keindahan matahari terbit dalam semburat kekuningan.

Yang luar biasa pemandangan ini bukan sesuatu yang bisa dilihat semua orang sebagaimana pemandangan pantai atau perkotaan. Tapi untuk mendapatkan foto dari view seindah ini juga memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

Kesulitan yang harus Anda lalui karena harus menjalani pendakian yang tidak mudah membatasi aktivitas fotografi yang bisa Anda lakukan. Kendala alam juga ikut berbicara disini. Jadi Anda memang harus pandai-pandai menyikapi keterbatasan untuk bisa mengoptimalkan hasil foto Anda.

Mungkin beberapa trik dalam hunting fotografi ekstrim di kawasan pegunungan ini bisa memberi Anda referensi :

  1. Gunakan peralatan se efektif mungkin.
    Anda tidak mungkin membawa peralatan yang banyak dan berat sembari melakukan pendakian. Anda akan kesulitan nantinya. Jadi gunakan kamera Mirrorless atau DSLR yang cukup ringan, tripod yang simple, cukup 1 -2 lensa tambahan, terutama lensa tele, ganti lensa makro dengan filter makro saja, serta tentu cadangan batere.
  2. Berangkat dalam tim fotografi
    Sebaiknya Anda melakukan trip dengan tim yang memang penggemar fotografi ekstrim. Setidaknya 3 -4 orang. Bagi logistic dengan merata, bila perlu bagi pula peralatan foto Anda dengan merata. Ingat pada umumnya pendakian fotografi akan memakan waktu lebih lama dari pendakian biasa, karena kerap kali berhenti untuk mengambil gambar.
  3. Lakukan hunting literature
    Sebelum berangkat hunting, sebaiknya Anda melakukan hunting informasi mengenai spot venue yang akan menjadi lokasi hunting Anda. Jadi ada baiknya Anda persiapkan perencanaan pemotretan dari bawah. Dengan ini Anda bisa menghemat waktu, tenaga dan sudah tentu kekuatan batere Anda.
  4. Antisipasi situasi udara dan alam
    Bagaimanapun kondisi alam di atas berbeda dengan situasi di bawah. Perbedaan tekanan udara dan suhu ternyata bisa berpengaruh pada kinerja peralatan Anda. Jadi siapkan pembersih kamera, lens tissue dan blower untuk itu.

Pernah menuliskan salah satunya?

fotografi pendaki (1), 

Leave a Reply