Ilmu Dasar Pencahayaan Fotografi Bagi Pemula

Cahaya adalah kunci dari fotografi. Kalau pelukis membuat gambar dengan kuas dan cat warnanya, maka fotografer membuat gambar dengan kamera dan cahaya. Pencahayaan fotografi tidak hanya berperan dalam membentuk gambar, tapi juga memberi efek dalam gambar.

ilmu dasar pencahayaan fotografi bagi pemula

Karenanya tidak heran kalau kemudian pencahayaan fotografi menjadi salah satu bagian terpenting dalam bidang ini. Dalam pengaturan pencahayaan fotografi ada begitu banyak teknik yang memberi hasil berbeda-beda terhadap foto yang dihasilkan. Namun sebenarnya ada beberapa ilmu dan teknik dasar yangsetidaknya harus dipahami oleh fotografer pemula.

Pada dasarnya secara umum ada dua ilmu pokok dalam pencahayaan fotografi yakni :

  1. Intensitas cahaya
    Disini Anda bicara mengenai berapa besar cahaya yang tersedia dan Anda butuhkan dalam esi pemotretan yang akan Anda lakukan. Dalam hal ini ada banyak aspek seperti white balance, nuansa foto, unsur bayangan dan sebagainya. Intensitas cahaya dapat mempengaruhi kekontrasan gambar, nuansa warna dalam gambar, jatuhnya bayangan hingga pembentukan siluet. Gawatnya intensitas cahaya ini juga bisa memberi hasil negatif karena over expose, terlalu terang hingga terlalu gelap.
  2. Sumber cahaya
    Sumber pencahayaan fotografi secara mendasar terbagi dalam 2 yakni :
    Sumber cahaya alami yakni sinar matahari dan sinar bulan purnama
    Sumber cahaya buatan yang memanfaatkan lampu yang sudah tersedia dalam venue dan lampu tambahan yang sengaja Anda sediakan untuk memberi pencahayaan fotografi secara khusus untuk sesi pemotretan tersebut.
  3. Arah cahaya
     Tidak hanya intensitas dan asal cahaya yang penting Anda pahami. Tapi juga letak atau arah cahaya. Membuat foto siluet memerlukan arah cahaya yang berasal dari belakang objek. Sedang membuat foto portrait tentu membutuhkan cahaya yang datang dari arah depan. Meski secara khusus pencahayaan bisa saja datang dari arah berbeda bahkan tidak lazim untuk kepentingan nuansa dalam foto.

Untuk memahami ketiga ilmu dasar dari pencahayaan fotografi, maka kami akan mencoba mengupasnya secara bertahap dalam kesempatan berikutnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang pemula dan pemerhati dunia fotografi.


Pernah menuliskan salah satunya?

ilmu pencahayaan#spf=1 (1), perangkat pencahayaan fotografi dalam ilmu fisika (1), 

Leave a Reply