Gunakanlah Fitur Shutdown Saat Mematikan Komputer

Sambil menunggu adzan magrib dikumandangkan penulis mencoba untuk berbagi informasi yang berhubungan dengan komputer. Sobat pasti sudah mengetahui fitur shutdown yang fungsinya untuk mematikan komputer. Tetapi, kadang kala sobat lupa untuk menggunkan fitur ini untuk mematikan komputer, mungkin lanngsung lepas kabel power yang menempel pada saklar.

Karena, cara yang dianjurkan setiap kali selesai menggunakan komputer cara mematikannya melalui fitur shutdown. Apabila cara mematikan komputer langsung mencabut kabel power yang menempel pada saklar, ini akan berakibat buruk untuk komputer.

Penulis sudah selesai merangkum kemungkinan kerusakan apa yang bisa terjadi apabila mematikan komputer tidak dengan fitur shutdown. Pada dasarnya saat komputer dimatikan dengan fitur shutdown, komputer akan mereview mengenai hal apa saja yang dilakukan selama komputer beroperasi mulai dari file yang terbuka sampai software yang dioperasikan. Dan apabila komputer dimatikan tanpa melalui fitur shutdown maka segala kegiatan yang semestinya di review malah tidak terdeteksi sehingga apabila suatu saat komputer mengalami kerusakan dan diperlukan recovery hal ini akan berbuah sia-sia, karena riwayat yang seharusnya tersimpan malah tidak tersimpan.

Berikutnya kerusakan yang mungkin terjadi ialah kerusakan pada BIOS dikarenakan pada saat komputer dimatikan secara tiba-tiba, daya listrik terputus secara tiba-tiba juga sehingga apabila tetap dilakukan dalam jangka waktu cukup lama BIOS sobat akan rusak karena arus pendek yang terjadi karena mematikan secara tiba-tiba.

Processor juga akan mendapatkan imbas dari cara mematikan komputer yang tidak dibenarkan. Normalnya pada saat komputer dimatikan lewat fitur shutdown kipas (fan) akan berputar lebih cepat untuk menurunkan suhu dari processor dan apabila komputer dimatikan dengan cara yang tidak benar processor akan bersuhu tinggi dalam keadaan komputer mati, sehingga lama kelamaan processor akan patah akibat suhunya yang tinggi.

RAM akan dikosongkan pada saat komputer dimatikan dengan fitur shutdown, dan apabila komputer dimatikan dengan cara langsung cabut kabel maka pada saat komputer digunakan kembali keadaan RAM masih menyimpan data temporary sehingga kinerja komputer akan menurun.

Jadi, kesimpulannya setiap fitur yang diciptakan oleh Microsoft mempunyai fungsinya masing-masing tanpa terkecuali fitur shutdown. Sehingga apabila komputer tidak diperlakukan dengan semestinya, umur komputer tidak akan lama. Pesan penulis kepada sobat, bijaklah dalam menggunakan komputer perlakukan dia dengan cara yang diperbolehkan saja.


Pernah menuliskan salah satunya?

fitur shut down (1), ketika tidak beroperasi apakah komputer shutdown (1), 

Leave a Reply