Fotografi Portrait Sebagai Pengembangan Dari Fotografi Model

fotografi portrait sebagai pengembangan dari fotografi model

fotografi portrait sebagai pengembangan dari fotografi model

Anda tentu sudah lama kenal dengan fotografi model. Pasalnya memotret model sudah menjadi salah satu bentuk fotografi yang paling kuno. Bahkan pertama kali kamera ditemukan ditujuan untuk membuat foto objek manusia.

Tapi dalam pengembangannya, muncul fotografi portrait. Fotografi ini sebenarnya sama saja dengan fotografi model, hanya terdapat fokus atau target dari foto portrait lebih mendalam daripada target fotografi model.

Pada fotografi model objek Anda adalah manusia. Mereka baik secara sengaja berpose untuk fotografer atau Anda melakukan candid untuk mendapatkan pose yang sesuai dengan tema foto yang ingin Anda ambil. Pada dasarnya Anda mengambil keseluruhan dari tampilan model menyatu dengan background, view dan properti dalam pemotretan.

Hal ini sedikit berbeda dengan fotografi portrait. Karena  disini target Anda adalah ekspresi, gerakan  atau gesture yang menggambarkan ekspresi, raut wajah hingga karakter dari objek. Jadi fokus Anda pada figure manusia itu sendiri, terlepas dari view, properti dan sebagainya.

Pada pemotretan untuk fotografi portrait, beberap fotografer memilih untuk mengambil close up wajah si objek, dengan pencahayaan yang mendukung fotografer dapat merekam ekspresi dengan sempurna. Bahkan Anda tidak akan mendapatkan gambaran cukup jelas dari background pemotretan. Fokus cukup pada objek, inilah yang dimaksud dengan fotografer portrait.

Pada beberap pemotretan lain, foto diambil dengan mengambil gambar wajah dengan sebagian tubuh objek, tapi tubuh ini memiliki nilai tambah dalam menggambarkan ekspresi. Misal Anda sedang mengambil foto portrait demonstran. Anda bisa mengambil gambar mereka dengan  menyertakan satu tangan mengacung tinggi lengkap dengan wajah berpeluh dan tampak sedang teriak ngotot.  Tanpa perlu Anda sertakan kerumunan demostran lain dan suasana hiruk pikuk sekitarnya, pesan Anda sudah dapat tersampaikan dengan sangat baik. Bagaimana ekspresi seorang demonstran.

Fotografi model dengan konsep ini juga kerap menjadi pilihan untuk pembuatan iklan kosmetik atau iklan pasta gigi. Itu bisa menjadi satu contoh hasil foto portrait dengan pose. Anda tertarik mencoba fotografi portrait?

Leave a Reply