siputro.com

Faktor Kenyamanan Di Depan Monitor

Pada zaman sekarang ini kebutuhan akan komputer semakin meningkat, komputer dipergunakan untuk melakukan pekerjaan anda. Tetapi ingatlah bahwa komputer merupakan benda yang bersahabat sekaligus berbahaya bagi kondisi kesehatan anda.

Dalam melakukan aktivitas didepan komputer anda harus memperhatikan faktor kenyamanan, posisi terbaik di depan komputer dan hal ini yang sering dilupakan yaitu mengatur warna teks dan latar belakang monitor. Mari membahas kesemuanya mulai dari faktor paling utama yaitu kenyamanan. Jika setiap hari anda bekerja didepan komputer, maka suka tau tidak suka monitor adalah sahabat dekat anda. Tetapi sadarkan bahwa sahabat yang satu ini bisa menjadi penyakit, selain menghibur dengan warna –warni tampilan ? memang monitor tampaknya hanya berhubungan dengan mata anda saja. Namun ternyata otot leher, kepala, mata, pundak, lutut, kaki dan lain-lain akan ikut terbawa oleh mata yang terpaksa harus terfokus kearah monitor.

Penyebab utama ketidaknyamanan mata adalah sinar dan pantulan yang dihasilkan oleh cahaya baik oleh lampu ruangan maupun sinar matahari yang dipantulkan oleh monitor. Ada beberapa tips dari penulis agar terhindar dari masalah yang menghinggapi mata anda, sebaiknya monitor ditempatkan sejajar atau lebih rendah sedikit dari garis horizontal telinga-mata. Sehingga, pada saat memandang lurus, mata hanya menatap pinggiran atas layar monitor. Jarak mata dengan monitor sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata anda, jarak minimal mata dengan monitor berkisar 30 cm, dari jarak inilah patokan awal bahwa mata anda tidak akan bermasalah terhadap sinar yang dipancarkan oleh monitor.

Faktor kenyamanan memang sangat diperlukan pada saat melakukan pekerjaan didepan komputer. Berjam-jam lamanya waktu anda bekerja didepan komputer bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda terutama mata.

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"

materi php dan MYSQL
materi teknisi komputer