Dasar Intensitas Cahaya Dalam Fotografi

Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai dasar dari pencahayaan fotografi. Dikatakan bahwa ada 3 aspek penting dalam hal ini adalah intensitas cahaya dalam fotografi, Sumber cahaya dalam fotografi dan arah cahaya dalam fotografi.

dasar intensitas cahaya dalam fotografi

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai dasar dari intensitas cahaya dalam fotografi. Sementara untuk aspek lain akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Secara umum intensitas cahaya terbagi dalam 2 kategori, yakni :

  1. Hard light
    Hard light disini sama artinya dengan pencahayaan tajam. Cahaya untu hard light menggunakan sumber cahaya tunggal. Cahaya bisa datang dari arah depan dengan flash built in, atau dari sumber satu arah seperti dari cahaya matahari pagi. Hard light lebih sebagai cahaya yang memberi efek gambar kontras, tajam dengan shape yang jelas dan adanya unsur bayangan yang kentara. Jadi foto siluet juga bisa masuk dalam kategori ini.
    Hard light juga terbagi dalam dua bentuk, pertama cahaya yang fokus pada objek dan juga background sekitarnya. Sedang kedua, cahaya yang fokus pada objek saja sedang background dibiarkan gelap atau minim cahaya. Hasil dari kedua bentuk cahaya hard light ini sudah tentu akan berbeda.
  2. Soft light
    berbeda dengan hard light, soft light ini justru mereduksi bayangan dan meredam kekontrasan. Hasilnya foto akan terlihat lebih lembut. Untuk mendapatkan hambar soft light ini Anda perlu membuat cahaya datang dari banyak sumber. Atau menggunakan reflector yang mampu memantulkan cahaya dari flash. Anda bisa gunakan lembaran kertas, payung pemantul cahaya hingga sekedar tembok putih.
    Hasil dari pencahayaan soft light ini adalah gambar yang lembut, tanpa bayangan dan pada umumnya menghasilkan pewarnaan foto yang lebih baik. Meski efek 3D tidak semaksimal pada foto dengan hard light tapi justru foto dengan soft light lebih nyaman di mata. Biasanya soft light digunakan untuk foto profil dan foto portrait.

Itulah 2 tipe dari intensitas cahaya dalam fotografi. Semoga bermanfaat bagi Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

intensitas cahaya dalam fotografi merupakan (1), intensitas cahaya fotografi (1), 

Leave a Reply