Cara Mengatasi BSOD (Blue Screen Of Death) Pada Laptop

Lagi enak-enaknya melakukan aktivitas di depan komputer/laptop seperti mengerjakan tugas kantor/kuliah, main game atau sekedar mendengarkan musik kesukaan, tetapi dengan sendirinya komputer/laptop sobat melakukan restart tidak lama kemudian muncul layar berwarna biru dengan tulisan berwarna putih yang banyak dan tidak mengerti apa maksudnya. Komputer/laptop sobat seperti hilang kesadaran sekaligus kecerdasannya sehingga tidak dapat melakukan apa-apa.

Itu tandanya komputer/laptop sobat mengalami BSOD yang kependekan dari (Blue screen Of Death). Istilah BSOD populer dikalangan pemakai Windows ketika sistem mengalami kegagalan operasi atau singkat kata disebut Error.

Banyak faktor yang bisa menimbulkan kejadian BSOD misalnya, registry yang bermasalah, rusaknya driver, RAM tidak dapat merekam segala macam bentuk data, dan faktor-faktor yang lainnya. Untuk mendeteksi masalah terjadinya BSOD ini cukup sulit, apalagi bagi yang menggunakan laptop hal itu dikarenakan komponen-komponen dalam laptop sulit untuk dipahami oleh orang awam.

BSOD apabila di ibaratkan seperti penyakit maka ungkapan yang tepat seperti penyakit kanker, yang bisa menyebarkan penyakitnya ke organ-organ tubuh yang lainnya. BSOD lebih sering terjadi dikarenakan kegagalan sistem bekerja atau beroperasi sehingga setiap komponen tidak bisa saling berkomunikasi sehingga terjadilah Error yang disampaikan melalui layar berwarna biru.

Tapi, jangan lupa juga bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya termasuk obat buat BSOD ini. Penulis punya resep manjur, simak dan perhatikan ya sobat :

  • Masuk ke properties windows dengan cara menekan “Win + Pause break”.
  • Pada menu hardware, kemiduan pilih device manager.
  • Sobat hanya tinggal lakukan rollback driver untuk kembali pada pengaturan driver default.
  • Tekan Ok lalu lakukan restart laptop sobat.

Langkah diatas merupakan langkah terbaik untuk mengatasi BSOD pada teknisi laptop, dengan mengulang pengaturan driver seperti semula sehingga otomatis driver asing yang terpasang akan dinonaktifkan. Selama ini sistem yang gagal beroperasi karena gagalnya driver untuk mengeksekusi BIOS sehingga kegagalan yang terjadi ialah crash antar registry yang berdampak pada terjadinya BSOD atau Blue Screen Of Death.

Dan semoga info bagaimana cara mengatasi BSOD (Blue Screen Of Death)  pada laptop bisa bermanfaat dan menjadi referensi apabila sobat mengalami hal ini.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara mengatasi BSOD PADA LEPTOP (1), 

Leave a Reply