Buat Nubie, Kamera Prosumer Adalah…

buat nubie, kamera prosumer adalah…Sebelumnya dalam artikel sebelumnya saya sempat membahas review dari salah satu  kamera prosumer. Bagi Anda yang nubie alias pendatang baru dalam dunia fotografi mungkin masih belum paham apa itu kamera prosumer dan apa perbedaannya dengan jenis kamera lain seperti kamera DSLR, kamera saku dan kamera mirrorless.

Untuk menjawab kebingungan Anda, khusus kali ini saya akan mencoba memberi informasi speutar kamera prosumer untuk Anda yang pemula.

Secara umum kamera prosumer adalah bentuk pengembangan dari kamera saku dengan kemampuan mendekati kamera DSLR. Perbedaan mendasar terletak pada lensa built in pada kamera prosumer sehingga tidak bisa Anda ganti-ganti sebagaimana pada kamera DSLR.

Karena pada dasarnya ini adalah pengembangan dari kamera saku, maka beberapa karakteristik dari kamera saku masih dipertahankan pada kamera prosumer. Seperti ukuran sensor yang biasanya lebih kecil sehingga pada umumnya membuat hasil foto tercrop otomatis.

Tapi kelebihan dari kamera prosumer adalah beberapa fitur yang mengadopsi dari kamera DSLR, seperti resolusi besar, ISO besar  dan masih banyak lagi. Jadi pada dasarnya kualitas dari kamera prosumer bukan sekedar kamera saku biasa.

Satu hal yang bisa menjadi keistimewaan sekaligus kekurangan dari kamera prosumer adalah lensa built in. Pada kamera DSLR lensa bisa Anda gonta ganti, tapi lensa kit biasanya hanya mampu zoom hingga sekitar 4-7 kali saja. Sedang pada kamera prosumer Anda bisa menemukan lensa built in dengan zoom hingga 21 kali. Tapi lensa buit in ini menyebabkan Anda tidak bisa mengubah manual pengaturan dari lensa. Sehingga pada situasi khusus seperti cahaya yang kontras atau warna yang berlebihan atau kurang, hasil foto bisa tidak maksimal

Keterbatasan ini memang tidak bisa Anda hindari mengingat bagaimanapun sistem dalam kamera prosumer masih menggunakan auto yang beberapa sudah diatur dari sananya. Setidaknya Anda masih bisa mengandalkannya pada situasi hunting yang umum apalagi dengan ukuran yang lebih kompak dan ringan tentunya.

Itu tadi sedikit informasi mengenai kamera prosumer yang bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan kamera apa yang Anda incar menjadi senjata hunting Anda.

Leave a Reply