Berkenalan Dengan Kamera DSLR

berkenalan dengan kamera DSLR

berkenalan dengan kamera DSLR

Untuk Anda yang benar-benar pemula, baru saja memasuki dunia fotografi, bisa jadi satu nama yang masih asing Anda dengar adalah kamera DSLR.

Padahal sebutan ini akan menjadi dasar pemahaman Anda. Karenanya meski saya yakin beberapa dari Anda sudah sangat paham dengan kamera DSLR, tapi saya akan sedikit mereview mengenai ini.

Kamera DSLR, singkatan DSLR adalah Digital Single Lens Refect. Artinya adalah kamera dengan sistem lensa jalur tunggal yang berjajar.

Disini cahaya yang masuk akan melalui satu jalur menuju dua titik penangkap cahaya, focal plane dan viewfinder. Hal ini akan membuat Anda bisa melihat gambar pada pembidik sama persis dengan hasil foto.

Ini akan berbeda dengan kamera lensa ganda, karena jalur masuknya cahaya untuk titik focal plane dan cahaya untuk viewfinder berasal dari lensa yang berbeda. Sehingga apa yang Anda lihat pada pembidik akan berbeda dengan hasil foto.

Secara sederhana, sistem DSLR terjadi karena keberadaan pentaprisma pada saluran optikal kamera. Keberadaannya membuat efek pantulan atas gambar yang tertangkap lensa. Pantulan akan ditangkap oleh dua titik tadi. Sehingga kedua gambar yang terbentuk akan identik.

Anda tidak lagi perlu peralatan tambahan seperti bidikan tambahan seperti pada kamera lensa ganda. Karena pada kamera lensa ganda, gambar pada titik pembidik dan titik penangkap gambar akan berbeda, jadi bidikan tambahan seperti viewfinder additional sangat krusial.

Karena pada kamera lensa ganda, Anda bisa mendapatkan gambar parallax,yaitu keadaan seorang fotografer tidak dapat melihat dengan tepat bidikannya, sehingga pada akhirnya hasil foto tidak sesuai dengan bidikan, pada kondisi terburuk, ada bagian yang tidak tercetak dalam foto. Dengan adanya kamera sistem DSLR, tidak ada lagi efek serupa itu pada hasil foto Anda.

Dalam perkembangannya, kamera lama SLR berkembang menjadi DSLR yang memanfaatkan teknologi digital. Jika pada tempo sebelumnya titik penangkap gambar pada kamera SLR adalah film, tapi ini pada sistem digital, focal plane adalah CCD atau CMOS.

CCD dan CMOS adalah sebuah sensor yang merekam gambar. Kedua alat ini bersifat komplementari tergantung kebutuhan Anda, meski beberapa fotografer lebih suka memakai CMOS. Hasil gambar yang ditangkap akan terekam dan kemudian tersimpan datanya dalam memory card.

Saya rasa penggambaran dari kamera DSLR cukup sampai disini. Karena secara sederhana Anda sudah dapat memahami dan membedakan kamera DSLR dari kamera lain.

sumber gambar :canstockphoto
 

Pernah menuliskan salah satunya?

logo kamera (2), gambar animasi kamera dslr (1), 

Leave a Reply