Berkenalan Dengan Fotografi Makro

Fotografi makro adalah salah satu lini dari bidang fotografi. Fotografi makro menghasilkan foto  dengan detil tajam pada sebuah objek berukuran kecil. Foto makro yang biasa Anda temukan bisa berupa foto serangga, gerakan air atau buih, tekstur dan sebagainya.

berkenalan dengan fotografi makro

Pada dasarnya fotografi makro adalah pengambilan foto dengan detil kecil tanpa bantuan alat bantu optic atau mikroskop. Sarana utama dari fotografi makro adalah lensa makro yang memiliki perbandingan 1 : 1 dengan fokus dekat, biasanya dengn DOF antara 35 – 200 mm saja. Jadi Anda perlu mendekatkan kamera dengan objek  untuk bisa mendapatkan fokus yang tepat. Gambar pada foto memiliki ukuran tepat seperti ukuran objek aslinya.

Permasalahan dari bidang fotografi makro adalah tools yang mahal. Kamera makro masuk dalam kategori tools kamera kelas tinggi dengan harga yang cukup mahal. Jadi hanya Anda yang berkantong tebal untuk bisa membelinya.

Tapi bagi Anda yang tertarik dengan fotografi makro, sebenarnya tetap bisa menghasilkan kamera menarik meski dengan lensa yang Anda miliki saat ini. Berikut beberapa tools yang juga bisa menghasilkan foto makro yang tidak kalah indahnya dengan foto dari lensa makro.

  1. Menggunakan filter close up
    Filter ini cukup Anda pasang pada sisi depan dari lensa normal Anda. Filter ini akan berfungsi sebagai kaca pembesar  sehingga gambar objek yang tertangkap akan lebih detil.
  2. Menggunakan Reverse Ring
    Secara umum ring ini berfungsi memfungsikan lensa supaya bisa Anda gunakan terbalik. Penggunaan terbalik ini akan membuat fungsi penangkapan gambar oleh lensa menyamai fungsi lensa makro.
  3. Menggunakan Extention tube
    Peralatan ini lebih menyerupai lensa tabung panjang yang berfungsi meminimalisir jarak fokus kamera dengan objek.

Satu hal yang penting, tools ini lebih murah dari lensa makro yang mahal, jadi Anda bisa menjadikan fotografi makro sebagai hobi yang lebih terjangkau. Menarik kan?

Leave a Reply