Beragam Filter Lensa Dan Manfaatnya

Anda membutuhkan sebuah efek khusus pada foto yang akan Anda hasilkan?
Anda membutuhkan lensa makro tapi terbentur kantong yang belum mencukupi?
Anda membutuhkan penahan cahaya dalam aktivita fotografi landscape?

beragam Fflter lensa dan manfaatnya

Rasanya semua kebutuhan Anda ini cukup dijawab dengan membeli filter lensa. Filter lensa ada banyak jenisnya, Anda bisa memiliki beragam jenis filter lensa dengan manfaatnya masing-masing. Yang jelas dengan fiter ini Anda bisa memberi efek khusus pada foto yang Anda hasilkan dengan biaya lebih murah. Foto Anda jadi lebih indah, lebih dramatis atau malah unik berkat penggunaan filter.

Membeli filter jauh lebih murah daripada membeli lensa yang cukup menguras dompet. Padahal dalam batasan tertentu, filter sudah mampu memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah lensa kamera. Nah…berikut ini adalah beberapa jenis filter lensa di pasaran yang cukup sering menjadi incaran para fotografer.

  1. Filter UV / Neutral
    Sebenarnya filter UV tidak memberi efek tertentu pada gambar yang dihasilkan kamera. Fungsi filter ini lebih sebagai pelindung untuk lensa dari kotoran, goresan, dan sinar UV yang bisa merusak fungsi sensor. Setidaknya kalaupun terbentur yang kena filternya dulu, bukan lensanya yang mahal.
  2. Filter CPL
    Filter CPL atau Circular Polarizing filter yang bermanfaat untuk mengurangi pantulan cahaya. Bila Anda bermaksud memotret objek dekat air, kaca, atau keramik mengkilap maka sebaiknya Anda gunakan filter CPL. Selain itu filter lensa satu ini juga berfungsi meningkatkan kontras warna.
  3. Filter ND
    Filter Neutral Density ini memiliki efek warna keabuan yang akan mereduksi cahaya yang masuk melalui lensa. Anggap saja filter ND ini adalah kacamata hitam bagi lensa Anda. Penggunaan filter ini sangat efektif pada saat Anda berada di lokasi dengan intensitas cahaya tinggi seperti di stadion olahraga atau pada landscape di siang hari. Pada pemotretan dengan shutter pelan Anda juga disarankan menggunakan filter ini untuk hasil lebih baik.
  4. Filter GND
    Filter Gradual Neutral Density ini sebenarnya pengembangan dari filter ND dengan gradasi warna dari gelap ke terang. Biasanya sisi gelap diatas dan terang di bawah. Fungsinya untuk pemotretan landscape.
  5. Filter close up
    Filter ini bermanfaat seperti kaca pembesar bagi lensa. Fungsinya untuk pemotretan makro. Tapi biasanya filter ini akan mempersempit DOF dan menurunkan intensitas cahaya secara otomatis.
  6. Filter Black and White
    Filter ini memang banyak digunakan pada pemotretan hitam putih. Filter ini bermanfaat untuk memaksimalkan sisi gelap dari gambar dan memaksimalkan sisi terang dari gambar. Sehingga kekontrasan pada gambar hitam putih lebih kentara.
  7. Filter Infra Red
    Filter ini membuat lensa melihat objek dengan menyaring cahaya secara infra red. Hasil foto dengan filter ini akan tampil dengan tampilan warna yang berbeda dari aslinya. Justru inilah keunikan dari filter satu ini.
  8. Filter Starburst
    Anda ingat efek starburst dimana Anda bisa menghasilkan foto dengan sumber cahaya berpendar layaknya bintang? Untuk menghasilkan efek star burst, selain dengan pengaturan aperture seperti pada artikel di sini, Anda juga bisa menggunakan filter ini. Anda bahkan bisa mengatur bentuk pendaran cahaya dengan filter lensa ini.

Pernah menuliskan salah satunya?

cara memaksimalkan pantulan cahaya lewat kaca pembesar (1), 

No Responses to “Beragam Filter Lensa Dan Manfaatnya”

Leave a Reply