Ayo Berkenalan Dengan Kamera Lomo

ayo berkenalan dengan kamera lomoBagi pemula mungkin Anda sering dibuat bingung dengan tampilan foto yang seperti melingkar atau membentuk gradasi warna yang dramatis retro. Kalau Anda kira foto ini hasil dari kamera DSLR kelas high end yang berharga belasan juta, Anda salah duga. Karena mereka hanya memakai kamer lomo.

Ya kamera tipe kuno yang pada umumnya masih mengusung sistem analog ini justru memiliki kekuatan berbeda dari kamera DSLR lengkap dengan aksesoris dengan harga paling mahal sekalipun. Padahal sebuah kamera lomo hanya dibandrol dengan harga tak lebih dari beberapa ratus ribu, bahkan beberapu puluh ribu saja.

Apa Keistimewaan Kamera Lomo?

Anda bisa menghasilkan foto unik dengan tampilan yang berkesan dramatis berkat pemanfaatan lensa dari kamera lomo yang unik. Abaikan segala teknik fotografi yang Anda tau, toh kamera lomo tidak dipersenjatai dengan beragam teknik dan pengaturan macam ISO, Aperture dan sebagainya.

Bahkan bagi mereka para pelaku lomografi (bidang fotografi dengan kamera lomo) menggunakan prinsip take the camera everywhere and anywhere, and take a shoot for anythink. Intinya kamera ini sangat fleksibel, cahaya berlimpah atau minim cahaya, benda bergerak atau benda diam, ruang terbuka atau ruang tertutup bisa saja memberi Anda hasil luar biasa. Satu shoot dengan shoot yang lain bisa jadi tidak identik dan memberi efek yang berbeda.

Yang unik kini, sudah muncul dipasaran kamera lomo yang membawa konsep digital. Selama ini kamera lomo identik dengan kamera analog, yang tetap menggunakan film sebagai penerima gambar. Tapi kini kamera lomo digital bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Pada umumnya, kamera lomo digital menggunakan lensa dengan filter retro untuk mendapatkan hasil shoot yang terkesan retro. Kamera ini sudah menggunakan sensor CMOS, piksel besar hingga belasan MP, sistem zooming, dan beragam pengaturan standar hingga mendekati kapasitas kamera prosumer. Meski soal harga meninggalkan jauh kamera lomo tipe lama, tapi masih di kawasan harga kamera poket. Jadi tetap terjangkau kan?

Leave a Reply