5 Tips Melakukan Fotografi Adventure Yang Menawan

Salah satu bagian fotografi yang cukup menantang adalah fotografi Adventure. Sebenarnya, secara umum apa yang Anda lakukan dalam fotografi adventure tidak berbeda dengan apa yang bisa Anda lakukan pada aktivitas fotografi biasa. Yang membedakan adalah lingkungan tempat Anda mengambil gambar dan pada umumnya situasi ketika Anda mengambil gambar yang terkadang rumit.

5 tips melakukan fotografi adventure yang menawan

Sebuah catatan dari fotografi adventure yang perlu Anda munculkan dalam sebuah karya foto adalah kesan ekstrim dan natural. Semakin ekstrim dan natural kesan yang bisa Anda tampilkan akan semakin baik. Terkadang ini hanya memerlukan pengalaman dan pemahaman bagaimana memunculkan kesan ekstrim dalam gambar.

Mungkin 5 tips ini bisa memberi Anda masukan bagaimana menampilkan kesan ekstrim dan natural dalam foto hasil fotografi adventure.

  1. Tampilan Adventure
    Akan sangat aneh bila sebuah foto mengenai ketinggian tebing dan Anda menggunakan model dengan pakaian kaos dan jeans. Tampilkan model Anda dalam kostum adventure ini adalah kunci. Karena tanpa ini, kesan ekstrim tidak mungkin tersampaikan.
    Tampilan adventure tidak berhenti pada model, tapi latar belakang yang  tajam dengan gambaran adventure. Memanjat tebing akan memiliki kesan lebih kuat bila Anda masukan latar belakang langit di ketinggian atau sisi tebing lain dari kejauhan.
  2. Plih segala Angle
    Sebuah gambaran akan tampil lebih unik bila Anda ambil dari sudut yang unik dan berbeda. Sudut ini akan memberi hasil yang bisa sangat berbeda dari sudut biasa. Memotret dalam posisi tiduran atau sembari bergantung mungkin sedikit menyulitkan, tapi bisa memberi Anda hasil yang luar biasa. Itulah sebabnya ini disebut adventure bukan?
  3. Gunakan perangkat Anda
    Tele, Wide angle, lensa makro dan apapun itu senjata Anda, gunakanlah. Karena berbicara mengenai fotografi adventure sama dengan menghasilkan foto yang tidak biasa. Jadi gunakan semua yang Anda punya untuk menciptakan hasil yang tidak biasa. Baik peralatan Anda maupun ilmu teknik yang Anda punya, panning, makro, semuanya…
  4. Ceritakan dalam foto
    Seperti tadi saya katakan, foto memanjat tebing tentu akan hambar bila hanya menggambarkan foto seorang hiker dan sebidang tebing. Ceritakan betapa tingginya tebing ini, dengan menyertakan latar belakang dari sisi tebing tersebut.
  5. Sebaiknya Anda tidak sendiri
    Teman atau pendamping ketika hunting foto adventure rasanya lebih penting kehadirannya ketimbang aktivitas hunting biasa. Mereka tidak hanya bisa berperan sebagai model, tapi benar-benar bisa membantu Anda dengan segala peralatan ribet yang menyertai Anda dan tentu saja membantu Anda membangun kesan ekstrim dan natural tadi.

Pernah menuliskan salah satunya?

tips fotografi adventurw (1), 

Leave a Reply