Kiat Jitu Menghasilkan Foto Landscape Yang Memukau Untuk Pemula

Salah satu yang paling pertama ingin Anda kuasai sebagai pemain pemula dalam dunia fotografi sudah tentu adalah menghasilkan foto landscape. Secara kasat mata memang menghasilkan foto landscape cukup mudah. Tapi ternyata kalau Anda tidak cermat, bahkan foo sederhana ini tidak bisa sukses Anda hasilkan alias gagal.

kiat jitu menghasilkan foto landscape yang memukau untuk pemula

Lalu bagaimana cara menghasilkan foto landscape yang sama memukaunya dengan karya para expert? Mungkin beberapa kiat berikut ini cukup jitu untuk menjadi panduan Anda sukses menghasilkan foto landscape.

  1. Waktu yang tepat
    Anda jangan kira menghasilkan foto landscape tidak kenal waktu. Ada beberapa waktu tepat untuk bisa menghasilkan foto yang sempurna. Pada dasarnya waktu ini berkaitan dengan besaran cahaya yang muncul. Over bright bukan sesuatu yang tidak bisa diolah, tapi untuk pemula sebaiknya Anda memulai dari view dengan tata cahaya sederhana. Kapan tepatnya? Pada saat setengah jam sebelum matahari sempurna terbit, 30 menit pasca matahari terbit, 30 menit sebelum matahari tenggelam dan 30 menit setelah matahari tenggelam.
  2. Gunakan tripod
    membawa-baw tripod kemana-mana boleh jadi membuat ribet, tapi Anda tidak akan menyesal direpotkan oleh tripod kalau Anda lihat hasilnya. Tidak mudah menghasilkan foto yang tajam tanpa tripod.
  3. Mode Bidikan tepat
    Untuk menghasilkan foto landscape, Anda sebaiknya menggunakan mode aperture priority (A atau AV)yang akan memberi Anda keleluasaan dalam mengatur bukaan diafragma. Bukaan difragma akan membantu Anda mendapatkan titik fokus.
  4. Buat Komposisi
    Foto yang sempurna adalah foto dengan komposisi yang tepat. Ada keseimbangan dalam foto. Pada umumnya komposisi foto adalah sisi depan, sisi tengah dan sisi belakang. Tapia da pula sisi kanan dan sisi kiri foto.

Kini saatnya Anda coba mempraktekan kiat-kiat ini untuk menghasilkan foto landscape yang sempurna. Anda masih perlu belajar, karena keahlian memerlukan pengalaman. Semakin banyak pengalaman Anda, semakin baik kemampuan Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

foto lanscape yang gagal (1), 

Leave a Reply