siputro.com

Pengertian Strategi Pembelajaran SPPKB

Pengertian Strategi Pembelajaran SPPKB – siputRO.com. Sebaik apapun proses pembelajaran yang dilakukan, jika tidak diawali dengan strategi yang matang kita tidak akan bisa mencapai kompetensi-kompetensi seperti yang kita harapkan pada tahap perencanaan. Oleh karenanya seorang guru perlu memikirkan strategi yang sesuai untuk diterapkan pada siswa. Salah satu strategi yang cocok diterapkan kepada siswa saat ini adalah strategi pembelajaran SPPKB atau strategi pembelajaran pengembangan kemampuan berpikir. Karena SPPKB menuntut siswa untuk berpikir berdasarkan pengalaman mereka pribadi sehingga proses pembelajaran akan lebih aktif dan tidak menjenuhkan siswa.

SPPKB sendiri adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada kemampuan berpikir siswa. Sedikit memiliki kemiripan dengan strategi pembelajaran inkuiri atau SPI, namun yang membedakan SPPKB menuntut guru untuk memanfaatkan pengalaman siswa sebagai sumber berpikir tentu berbeda dengan pola SPI yang menuntut siswa untuk menyelesaikan teka-teki.

Dalam SPPKB guru Tidak serta merta hanya memberikan materi terhadap siswa melainkan siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang akan dipelajari melalui proses dialog secara terus menerus yang memanfaatkan pengalaman pribadi siswa. SPPKB ini dimaksudkan bukan hanya agar siswa dapat memahami konsep yang diajarkan namun dengan SPPKB ini siswa dibimbing agar mampu mengembangkan gagasan atau ide-ide melalui kemampuan berbahasa. Sehingga secara tidak langsung SPPKB ini juga dapat dimanfaatkan guru untuk melihat dan menilai kemampuan afektif siswa.

Tujuan lain yang diharapkan dari strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir ini adalah membantu siswa untuk belajar menelaah kasus-kasus sosial yang ada disekitarnya. Selanjutnya dari pengalaman pribadi siswa yang telah dikembangkannya siswa dituntut untuk mampu mendeskripsikan ide atau gagasan berdasarkan fakta dan data yang mereka dapatkan dalam proses kehidupan sehari-hari. Selain itu yang menjadi tujuan akhir dari SPPKB ini adalah siswa memiliki kemampuan untuk menemukan permasalahan-permasalah sosial dalam masyarakat tentu sesuai dengan taraf perkembangan siswa.

Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dapat menjadi salah satu cara agar perlahan mata pelajaran IPS termasuk juga PPKn tidak dianggap sebagai mata pelajaran hafalan yang sangat membosankan. Karena dengan mengaplikasikan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran seperti SPPKB ini siswa akan lebih mudah memahami konsep yang diajarkan sehingga tidak perlu menggunakan metode menghapal yang terkenal membosankan.

 

sumber bacaan: Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran “Berorientasi Standar Proses Pendidikan.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Pernah menuliskan salah satunya?

strategi pembelajaran (170), pengertian strategi pembelajaran (99), pengertian strategi (35), makalah strategi pembelajaran (24), strategi belajar mengajar (19), definisi strategi pembelajaran (15), sppkb (12), artikel strategi perdagangan internasional indonesia (8), strategi dalam pembelajaran (8), konsep strategi belajar mengajar (8), konsep strategi pembelajaran (7), definisi strategi (7), artikel strategi perdagangan internasional di indonesia (5), pengertian strategi belajar mengajar pendidikan matematika (5), strategi belajar (5), Makalah pengertian strategi pembelajaran (5), artikel strategi pembelajaran (4), Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (4), makalah konsep strategi belajar mengajar (4), memahami makna dan strategi belajar (4), konsep belajar dan strategi pembelajaran (4), makalah strategi belajar mengajar (4), jurnal strategi pembelajaran-indonesia (4), pengajaran peningkatan kemampuan berpikir (4), pengertian strategi belajar mengajar (4), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"

materi php dan MYSQL
materi teknisi komputer