Tips dalam Memilih Masalah dan Judul Penelitian

Tips dalam Memilih Masalah dan Judul Penelitian – siputro.com. Semua orang yang hidup di dunia ini pasti memiliki masalah dan masing-masing orang juga ingin masalah tersebut cepat pergi dari kehidupannya. Masalah selalu dijauhi dan itu telah menjadi realita kehidupan seluruh manusia di dunia ini. Tapi tak begitu bagi mereka mahasiswa tingkat akhir, faktanya alih-alih menghindari masalah mereka malah disibukkan mencari masalah demi menyelesaikan studi kuliah mereka. Dunia seakan sempit ketika kita dituntut untuk menemukan sebuah masalah.

Tak begitu sulit jika kita mau mencoba belajar begitupun saya yang meskipun belum sampai diposisi yang mewajibkan saya untuk cepat menemukan suatu masalah. Postingan ini saya dedikasikan kepada diri saya sendiri dan kepada teman-teman saya yang saat ini masih kesulitan menemukan masalah dan judul yang tepat untuk memenuhi tugas mata kuliah penelitian pendidikan.

-=-===-====-===-=-

Banyak sumber yang menyatakan bahwa dalam memilih masalah dan judul penelitian kita akan berjalan dengan sebaik-baiknya apabila kita sebagai peneliti memiliki pemahaman yang baik terhadap masalah yang akan diteliti. Secara logika tentu kita tidak bisa menyangkal pernyataan ini karena pekerjaan apapun jika memang kita tidak memiliki kemampuan terhadapnya maka kita hanya akan menjadi seorang  loser. Adapun hal terpenting lain adalah adanya rasa ketertarikan peneliti terhadap masalah yang akan diteliti.

Selain pemahaman dan rasa ketertarikan peneliti terhadap suatu masalah yang perlu diperhatikan adalah keterkaitan faktor-faktor lain seperti dukungan lingkungan dan makna dari penelitian itu sendiri. Karena semenarik apapun suatu masalah jika dalam prediksi kita ada dinding besar yang bisa menghalangi langkah kita, penelitian bisa jadi tidak berjalan sesuai harapan kita.

Selaras dengan tulisan di atas, Arikunto .S (2010) dalam bukunya “Prosedur Penelitian” mengungkapkan ada 2 faktor yang mempengaruhi baik atau tidaknya pemilihan suatu masalah dan judul penelitian, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Adapun faktor internal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian harus sesuai dengan minat peneliti
    Seperti yang dijelaskan di atas, penelitian (baca juga tentang penelitian deskriptif) bukanlah suatu pekerjaan yang mudah saja kita kerjakan. Hanya mereka yang benar-benar memiliki minat di dalam penelitiannya yang bisa mendapatkan dorongan semangat dalam melakukan penelitian. Meskipun faktor ini tidak terlihat dengan begitu nyata namun diri kita sendiri yang dapat menilainya ketika kita memilih suatu permasalahan yang tidak kita kuasai dan kita minati.
  2. Penelitian dapat dilaksanakan
    Maksud dari penelitian dapat dilaksanakan adalah adanya kemampuan dari diri kita untuk melaksanakan kegiatan penelitian. Hal ini bisa berkaitan dengan pemahaman peneliti, keleluasaan peneliti  (waktu), kemampuan fisik, faktor pendukung lain seperti biaya transportasi dan sarana pendukung lainnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah sebagai berikut ini:

  1. Tersedia faktor pendukung
    Faktor-faktor pendukung yang dimaksud di sini adalah adanya kesejalanan atau kesepahaman antara pihak-pihak terkait dengan penelitian yang akan kita lakukan. Karena meskipun kita memiliki keinginan yang kuat dalam melakukan penelitian, namun jika pihak terkait dirasa tidak akan memberikan izin maka sebaiknya peneliti segera berpikir untuk mencari masalah penelitian lainnya.
  2. Hasil penelitian bermanfaat
    Hal ini adalah faktor eksternal namun hasil penelitian adalah bagian terpenting dalam penelitian yang kita lakukan. Berhentilah bersusah payah melakukan penelitian jika jauh hari kita sudah tahu jika akhir dari penelitian itu tidak dapat memberikan manfaat baik bagi peneliti maupun orang lain.

Demikianlah beberapa faktor yang perlu kita perhatikan dalam memilih masalah dan judul penelitian. Jangan berharap penelitian anda akan tepat sasaran jika hanya berpikir secara vertikal. Cobalah berpikir secara vertikal dan horizontal untuk mendapatkan hasil penelitian yang terbaik. Dan yang terpenting terutama bagi para mahasiswa tingkat akhir, manfaatkanlah peranan dosen pembimbing akademik selayaknya pembimbing akademik. Jangan pernah takut gagal karena Indonesia adalah bangsa yang gagal di zaman dulu namun bisa tetap hidup hingga saat ini.


Pernah menuliskan salah satunya?

judul penelitian deskriptif (55), judul penelitian pendidikan (16), judul penelitian kesehatan (12), judul penelitian kuantitatif (9), related:fbs uny ac id/berita/cara-menemukan-masalah-untuk-diteliti html menemukan masalah penelitian (2), judul penelitian pendidikan bahasa indonesia (2), mengapa harus memilih masalah kalau mau melaksanakan penelitian (1), contoh masalah penelitian beserta judulnya (1), faktor untuk memilih masalah yang akan diteliti (1), faktor faktor memilih judul penelitian (1), related:fbs uny ac id/berita/cara-menemukan-masalah-untuk-diteliti html tips cara menemukan masalah penelitian (1), 

Leave a Reply