Pentingnya prinsip Prinsip hukum

Prinsip hukum sangatlah penting untuk diketahui, namun sebelumnya tentunya perlu menegthaui system hukum yang ada didunia tentunya sangatlah bermacam-macam, karena setiap hukum memiliki karakter tersendiri dan penganutnya. Seperti yang diketahui ada system hukum adat, system hukum agama, system hukum civil law dan system hukum common law.  Pada dasarnya system hukum ini merupakan tatanan kesatuan yang utuh, dimaan hal ini tediri dari bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berkaitan erat satu sama lainya. Artinya dimana kaidah atau pernyataan tentang apa yang seharusny yang membentuk sistem hukum menjadi sistem normatif. Sebagai  pengetian lain dari system hukum merupakan suatu kumpulan yang berinteraksi satu sama lain dan juga merupakan satu kesatuan yang terorganisasi dan kerjasama pada arah tujuan yang sama. Untuk itu dalam hal ini pula bahwa setiap bagian dari hukum tidaklah berdiri sendiri lepas namun satu sama lain kait dan berkaitan. Artinya pentingnya tiap bagian bertempat pada ikatan system. Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem hukum adalah kesatuan utuh dari tatanan-tatanan yang terdiri dari bagian-bagian atau unsur-unsur yang saling berhubungan dan berkaitan dengan erat.

 

Dengan berdirinya suatu hukum dalam suatu  Negara tentunya ada prinsip-prinsip tertentu dengan dibentuknya hukum tersebut. Pada dasarnya prinsip hukum juga disebut dengan asa hukum yang merupakan sarana yang memebuat hukum itu hidup, tumbuh berkembang dan menunjukan jika hukum itu bukan sekedar kosmos kaedah. Artinya prinsip hukum ini mengandung nilai-nilai dan tuntutan etis dan juga tidak akan habis kekuatannya dengan melahirkan suatu peraturan hukum melainkan tetap saja ada dan akan melahirkan suatu peraturan selanjutnya. Selain itu juga  prinsip hukum ini sebenarnya adalah suatu pemikiran dasar yang melatarbelakangi lahirnya suatu norma. Pada dasrnya prinsip hukum atau asas hukum itu merupakan  jantung suatu peraturan hukum, hal ini dikarenakan prinsip hukum atau asas hukum merupakan landasan yang paling luas bagi lahirnya suatu peraturan hukum.

 

Dalam hal ini prinsip hukum atau asas hukum juga disebut sebagai alasan bagi lahirnya peraturan hukum. Karena dengan adanya prinsip hukum maka hukum bukanlah hanya  sekedar kumpulan dari peraturan peraturan. Namun hal ini juga dikarenakn prinsip hukum mengandung nilai-nilai dan tuntutan-tuntutan etis yang  merupakan jembatan antara peraturan-peraturan dengan cita-cita sosial dan pandangan etis masyarakatnya. Umumnya dalam praktik mengenai prinsip hukum ini sering kali peraturan hukum ketinggalan dengan adanya peristiwa konkrit yang mendasarkan prinsip hukum sebagai landasan dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu hukum suatu bangsa sebaiknya tidak hanya dilihat pada peraturan-peraturan hukumnya saja, tetapi juga harus menggalinya sampai pada asas-asas hukumnya karena prinsip hukum ini dapat memberi makna etis pada setiap peraturan  hukum pada  suatu negara.


Pernah menuliskan salah satunya?

prinsip hukum (39), prinsip-prinsip hukum (21), prinsip hukum itu apA (1), 

Leave a Reply