Pendekatan Pembelajaran, Kunci Sukses Penerapan Strategi Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah salah satu faktor yang menentukan suksesnya penerapan strategi pembelajaran. Dikatakan demikian karena pendekatan pembelajaran merupakan pandangan umum bagi guru terhadap proses pembelajaran. Sehingga pendekatan pembelajaran harus lebih dahulu ditentukan sebelum memilih strategi dan metode pembelajaran seperti apa yang akan diterapkan.

Wina Sanjaya (2006:127) dalam bukunya “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan” mengungkapkan pengertian pendekatan pembelajaran sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Sudut pandang yang dimaksud di sini adalah bagaimana kita melihat proses pembelajaran atau lebih menekankan ke pihak mana proses pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya setelah diketahui sudut pandang yang dianggap pas barulah kita memilih strategi dan metode paling efektif yang dapat memaksimalkan proses pembelajaran.

Ada 2 pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran, yakni:

  1. Pendekatan berpusat pada guru (teacher centred approaches)
  2. Pendekatan berpusat pada siswa (student centred approaches)

Pendekatan berpusat pada guru adalah pendekatan pembelajaran yang memusatkan proses pembelajaran pada kinerja seorang guru. Guru menjadi tokoh yang paling dominan dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat digunakan dalam pendekatan ini adalah strategi pembelajaran langsung atau direct instruction. Guru benar-benar dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk memberikan pembelajaran. Metode pembelajaran yang paling sering digunakan berkaitan dengan pendekatan ini adalah metode ceramah atau metode tanya jawab.

Pendekatan yang kedua adalah pendekatan berpusat pada siswa. Pendekatan ini lebih memusatkan proses pembelajaran pada kegiatan siswa. Siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat digunakan untuk pada pendekatan ini adalah strategi pembelajaran discovery dan inkuiri.

Update selanjutnya saya akan mencoba membahas strategi pembelajaran dan berlanjut hingga tekhnik dan takti pembelajaran.


Pernah menuliskan salah satunya?

pendekatan pembelajaran (1250), pengertian pendekatan pembelajaran (77), pendekatan pembelajaran adalah (53), makalah pendekatan pembelajaran (49), contoh pendekatan pembelajaran (28), pendekatan belajar (24), pendekatan belajar dan pembelajaran (19), pengertian pendekatan pembelajaran dan contohnya (15), pendekatan dalam pembelajaran (14), pembelajaran berpusat pada guru (13), pendekatan strategi pembelajaran (13), apa yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran (10), artikel tentang pendekatan pembelajaran (8), macam pendekatan pembelajaran (8), pendekatan berpusat pada guru (7), pendekatan pembelajran (7), faktor pendekatan belajar (7), jenis pendekatan pembelajaran (7), pendekatan-pendekatan pembelajaran (7), pendekatan dan fungsi hukum (6), fungsi pendekatan pembelajaran (6), pendekatan pembelajaran teacher centered (6), pembelajaran yang berpusat pada guru (6), 5 pendekatan pembelajaran (6), pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (6), 

Pendekatan Pembelajaran, Kunci Sukses Penerapan Strategi Pembelajaran was last modified: February 25th, 2013 by inoputro

Artikel Terkait Pendekatan Pembelajaran, Kunci Sukses Penerapan Strategi Pembelajaran

Tentang Kompetensi Sosial Guru (pendahuluan)

Tentang Kompetensi Sosial Guru (pendahuluan)

Peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak. Namun

Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 Terbaru

Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 Terbaru

Lama rasanya tidak menulis lagi di blog ini. Karena

Prinsip Pengukuran dan Penilaian

Prinsip Pengukuran dan Penilaian

Semester baru kita mulai bergulir dan bahan kulia mulai

Latar Belakang, “Beasiswa Orang Tua Asuh”

Latar Belakang, “Beasiswa Orang Tua Asuh”

Latar Belakang, “Beasiswa Orang Tua Asuh”. Pendidikan sejatinya merupakan

No Responses to “Pendekatan Pembelajaran, Kunci Sukses Penerapan Strategi Pembelajaran”

Add Your Comment